Pages

Cara Membuat Kembang Tahu Jahe Hangat

Cara Membuat Kembang Tahu Jahe Hangat - Di musim dingin seperti ini, kita butuh sesuatu yang hangat dan yang menghangatkan. Kali ini dapursaja mempunyai rekomendasi suatu hidangan yang sangat ekonomis namun sangat enak sekali rasanya. Kalian bisa membuat minuman ini sendiri di rumah.

Yes. Namanya kembang tahu. Banyak juga yang memberi nama minuman ini adalah wedang tahu. Kalau di Semarang Jawa Tengah, minuman ini terkenal dengan nama wedang tahu. Namun untuk kota-kota besar lainnya menengnalnya dengan sebutan kembang tahu.

Kembang tahu atau wedang tahu ini memang sudah sulit kita temui. Namun, kalian bisa kok membuat kembang tahu sendiri di rumah. Cara membuat kembang tahu sangat mudah dan praktis. Rasa dari kembang tahu sangatlah enak dan terasa hangat di badan. Karena ada tambahan jahe di dalamnya.

Cara membuat kembang tahu ini berasal dari Tiongkok. Namun, saya bisa menjamin bahwa cara membuat kembang tahu ini adalah halal. Bahan-bahannya juga sangat halal dan terjamin manfaatnya. Kembang tahu ini juga cocok untuk menu berbuka puasa kalian. 

Penasaran dengan cara membuat kembang tahu jahe hangat di rumah sendiri dengan mudah dan praktis? Langsung saja berikut adalah Cara Membuat Kembang Tahu Jahe Hangat ala dapursaja yang bisa kalian coba di rumah sendiri dengan mudah, praktis, dan enak.

Kembang Tahu


Cara Membuat Kembang Tahu Jahe Hangat

Resep Cara Membuat Kembang Tahu


Bahan Membuat Wedang Kembang Tahu :
  • 500 gram kedelai, direndam 4 jam, dibilas bersih
  • 1.600 ml air panas
  • 4 sendok teh sekau (20 gram), dilarutkan bersama 200 ml air mendidih

Bahan Sirup:
  • 400 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • 4 lembat daun pandan
  • 2 liter air
  • 300 gram jahe, dimemarkan


Cara Membuat Wedang Kembang Tahu Jahe Hangat :

  1. Setelah direndam, buang kulit kacang kedelai. Hasil setelah bersih 1.150 gram.
  2. Blender kedelai dan air lalu saring. Ampasnya diblender dengan air hasil penyaringan tadi.
  3. Setelah lembut, saring kembali. Blender kembali ampasnya dengan air hasil penyaringan. Lakukan 1 kali lagi. Terakhir, saring dengan kain bersih. Buang ampasnya. Ampas yang dibuang 400 gram.
  4. Rebus air kedelai sampai mendidih. Jangan diaduk. Angkat. Aduk sebentar sampai uapnya hilang.
  5. Rebus kembali sampai mendidih. Aduk sampai uap hilang.
  6. Tuangkan air kedelai ke dalam panci berisi larutan sekau. Tutup panci dan biarkan 30 menit.
  7. Didihkan bahan sirup. Saring lalu dinginkan. Sendokkan kembang tahu ke mangkuk lalu sajikan dengan kuah.
Untuk 16 porsi

Demikianlah  Resep Cara Membuat Kembang Tahu Jahe Hangat yang bisa kalian buat sendiri di rumah dengan mudah dan praktis. Terbukti snagat enak dan menghangatkan tubuh kan? Terima kasih sudah berkunjung ke resep cara membuat wedang kembang tahu.

Semoga Resep Cara Membuat Kembang Tahu Jahe Hangat ala dapursaja ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Maaf jika saya ada salah kata ya. Selamat mencoba membuat wedang kembang tahu sendiri di rumah. Temukan juga resep favorit masakan indonesia sehari-harimu hanya di dapursaja..

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.