Pages

7 Makanan yang Mengandung Lemak Jahat (LDL) Low Density Lipoprotein

Penelitian telah membuktikan bahwa banyak sekali perusahaan yang menggunakan lemak jenis trans untuk membuat produknya. Meskipun harganya cukup murah, akan tetapi lemak jenis satu ini sangatlah buruk bagi kondisi kesehatan tubuh kita. Konsumsi lemak trans secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh dan menurunnan kadar kolesterol baik atau HDL.

Akan tetapi melihat efek buruk tersebut, sekarang telah banyak produsen yang berpindah dari lemak trans ke jenis lain. Walaupun masih ada beberapa makanan dengan kandungan lemak trans tinggi yang masih harus kita hindari. Lalu apa sajakah itu? simak informasi seputar makanan yang mengandung lemak jahat berikut ini.

7 Makanan yang Mengandung Lemak Jahat (LDL) Low Density Lipoprotein


Daftar Menu Makanan yang Mengandung Lemak Tinggi


1. Margarin

Sampai sekarang masih ada beberapa margarin yang menggunakan lemak trans dalam pembuatannya. Menurut catatan The American Heart Association, konsumsi mentega paling banyak maksimal adalah 2 gram sehari. Hal ini bertujuan agar dapat menjaga kesehatan jantung, sebab konsumsi lemak berlebihan dapat meningkatkan kolesterol jahat yang buruk bagi jantung.

Sebenarnya tidak ada larangan untuk berhenti meggunakan margarin, Anda masih tetap bisa menggunakannya dalam jumlah wajar. Selain itu, pastikan pula Anda membeli margarin yang sudah ada dalam kemasan, karena margarin yang asal-asalan kandungan lemaknya cenderung lebih tinggi.

2. Sup instan

Sup instan atau mie instan memang sangatlah lezat untuk kita konsumsi, apalagi jika rasa mie tersebut sesuai dengan selera. Akan tetapi beberapa merek mie tertentu masih mengandung lemak trans yang kurang menyehatkan bagi tubuh.

Hampir semua label komposisi mie instan pasti tidak mencantumkan kandungan lemak tersebut. Hal ini dapat terjadi karena kandungan lemak trans yang hanya 0,5 gram dibulatkan menjadi 0 bukannya 1 gram. Jadi secara tidak sadar sebenarnya Anda sudah mengonsumsi lemak trans dalam jumlah cukup besar.

3. Makanan cepat saji

Hampir semua makanan cepat saji diolah melalui proses pengorengan. Sebenarnya menggoreng makanan tidak buruk bagi kesehatan, namun apabila minyak yang digunakan sudah berkali-kali maka akan sangat tidak baik bagi kondisi tubuh kita sendiri.

Makanan yang mengandung lemak jahat antara lain tahu goreng, tempe goreng, dan masih banyak lagi. Bahkan hamburger yang tergolong makanan mewah pun mengandung 1,5 gram lemak trans atau lemak jahat.

4. Microwave popcorn

Beberapa mereka microwave popocorn memang sudah mengaku menghilangkan lemak trans, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak beredar merek-merek yang mengandung lemak trans.

Kondisi semacam ini memang sangat miris sekali, apalagi setiap produk bisa dibilang mengandung lemak jahat sebesar 5 gram. Besarnya lemak trans ini tentunya melebihi batas maksimum konsumsi setiap harinya yang hanya 2 gram.

5. Jeroan, ati, dan ampela

Makanan berlemak tinggi selanjutnya adalah jeroan, ati, dan ampela. Makanan-makanan semacam inilah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh secara optimal. Kadar lemak jahat akan semakin tinggi apabila Anda menggoreng jeroan, ati, dan ampela dengan minyak yang sudah digunakan berkali-kali.

Menurut survey yang telah dilakukan baru-baru ini, sebanyak 20 % penderita stroke dan serangan jantung diakibatkan karena terlalu banyak konsumsi jeroan. Sama halnya dengan popcron, jeroan mengandung lemak jahat sekitar 5 gram.

6. Alpukat

Mungkin banyak diantara kita yang menganggap buah alpukat itu tidak megandung kolesterol apalagi lemak jahat, akan tetapi pada faktanya buah satu ini mengandung sejumlah kolesterol. Meskipun dalam jumlah sedikit, akan tetapi apabila dikonsumsi berlebihan maka akan merugikan tubuh kita sendiri.

7. Keju

Keju merupakan sumber kalsium yang cukup tinggi. Kandungan kalsium dalam produk susu ini dapat meningkatkan tinggi badan kita. Selain mengandung mineral kalsium, keju juga memiliki kandungan lemak jahat lumayan tinggi. Kandungan lemak jahat tersebut dapat meningkatkan tekanan darah, menimbulkan serangan jantung, dan bahkan stroke mematikan.

Itulah beberapa makanan yang mengandung lemak jahat cukup tinggi. Agar efek buruk dari lemak tidak menyerang Anda, lebih baik kurangi konsumsi makanan diatas sedikit demi sedikit. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.