Pages

10 Daftar Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi, Wajib Tahu..!!!

Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi – Pada dasarnya setiap makanan memiliki takaran kalori yang berbeda-beda, ada makanan yang rendah kalori ada pun makanan dengan jumlah kalori tinggi. Mengetahui informasi takaran kalori tersebut sangatlah penting bagi kita, terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Kalori merupakan kandungan dalam makanan yang bermanfaat untuk membentuk energi. Manfaat kalori ini hampir sama dengan karbohidrat, bedanya kalori bisa tertimbun menjadi lemak berlebih. Nah, berikut kami sajikan beberapa makanan yang mengandung kalori tinggi.

10 Daftar Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi, Wajib Tahu..!!!

Daftar Menu Makanan Berkalori Tinggi


1. Makanan berminyak
Semua makanan yang mengandung minyak, pasti memiliki kandungan kalori dan lemak yang cukup tinggi. Mulai dari gorengan, kerupuk, keripik, dan masih banyak lagi. Menurut beberapa riset, dalam 100 gram minyak sayur mengandung setidaknya 902 kalori. Jumlah ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda apabila dikonsumsi secara berlebihan.

2. Kacang-kacangan
Mulai dari kacang tanah, kacang kedelai, kacang mete, dan lainnya merupakan sumber kalori yang cukup tinggi. Setidaknya dalam 100 gram kacang tanah mengandung sebanyak 718 kalori. Meskipun mengandung kalori tinggi, tetapi kacang-kacangan sangat baik bagi kesehatan. Alasanya kacang mengandung beragam nutrisi penting lain seperti protein, asam folat, DHA, vitamin, dll.

3. Coklat
Tidak semua coklat mengandung kalori tinggi, khususnya untuk dark chocolate kandungan kalorinya lumayan rendah. Akan tetapi untuk coklat kakao yang biasanya digunakan untuk membuat kue, kandungan kalorinya lumayan tinggi. Dalam 100 gram colat kakao mengandung sebanyak 589 kalori.

4. Makanan cepat saji (instan)
Junkfood atau makanan cepat saji mengandung kalori yang cukup tinggi. Mulai dari pizze, hamburger, spagetti, dan masih banyak lagi. Meski terlihat mewah dan mahal, akan tetapi ada baiknya mulai sekarang Anda mengurangi konsumsi makanan tersebut. Karena menurut para ahli kandungan gizinya sangatlah rendah sekali.

5. Susu
Susu dikenal sebagai sumber kalsium yang cukup tinggi. Namun selain kalsium, susu sebenarnya juga memiliki kandungan kalori lumayan tinggi. Dalam 100 gram susu mengandung 450 mg kalori. Bagi Anda yang gemar konsumsi susu, lebih baik ganti susu rendah lemak. Susu rendah lemak menyajikan kalori dalam jumlah yang cukup sedikit dari pada susu umumnya.

6. Ikan
Makanan berkalori tinggi selanjutnya adalah ikan. Tidak semua jenis ikan mengandung kalori tinggi, akan tetapi beberapa ikan seperti sarden, mackarel, dan tuna disinyalir memiliki kandungan tersebut. Meski demikian, ikan-ikan tersebut juga mengandung nutrisi bermanfaat bagi tubuh, sehingga jangan sampai Anda menghindari konsumsi ikan hanya karena kalorinya yang tinggi saja.

Baca juga: 11 Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi Untuk Kesehatan

7. Jeroan
Apakah Anda suka dengan jeroan ati dan ampela? Jika benar, maka waspadalah mulai dari sekarang. Daging jeroan menurut para ahli dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Apabila Anda tidak bisa membatasi konsumsinya, maka stroke bisa saja mudah menyerang.

8. Minuman bersoda
Semua minuman bersoda dibuat dengan menggunakan tambahan gula. Apabila gula masuk kedalam tubuh, maka akan diubah menjadi energi layaknya kalori. Gula pada minuman bersoda sangatlah tinggi kadarnya, sehingga dikatakan sebagai sumber kalori tinggi.

9. Es krim
Es cream sebenarnya merupakan salah satu produk susu. Meskipun sangat lezat dikonsumsi, namun sebenarnya makanan satu ini mengandung lemak, kalori, dan gula yang cukup tinggi. Konsumsi es krim secara berlebihan dapat berpotensi meningkatkan berat badan Anda.

10. Alpukat
Tidak semua buah itu rendah lemak, beberapa buah seperti alpukat malah mengandung lemak yang cukup tinggi. Menurut riset penelitian, kandungan kalori di dalam buah ini setiap 100 gram sekitar 160 kalori. Namun Anda tidak perlu berhenti konsumsi alpukat, karena meskipun mengandung kalori tinggi alpukat juga memiliki kandungan serat yang bisa bantu melancarkan sistem pencernaan tubuh dan metabolisme.

Itulah beberapa makanan yang mengandung kalori tinggi. Bagi Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan, ada baiknya untuk mengurangi makanan-makanan diatas. Akan tetapi bagi Anda yang sedang meningkatkan berat badan, tambahlah porsi makan dengan menu tinggi kalori seperti diatas. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.