Pages

11 Makanan Penting yang Mengandung Asam Folat dan DHA

Makanan yang Mengandung Asam Folat dan DHA – Banyak sekali alasan mengapa Anda harus tahu makanan apa saja yang mengandung asam folat dan DHA. Makanan yang mengandung nutrisi tersebut sangatlah baik untuk mendukung perkembangan saraf pusat atau otak. Dengan demikian, apabila kita banyak mengonsumsi makanan tersebut maka akan semakin cerdas.


Selain bermanfaat untuk mendukung kecerdasan, makanan dengan nutrisi tersebut juga cukup baik untuk mengoptimalkan proses metabolisme sel. Pergantian sel yang baru akan berjalan lancar dengan adanya nutrisi tersebut. Hal ini cukup bermanfaat untuk mencegah beragam penyakit berbahaya seperti alzheimer, anemia, pembengkakan pembuluh darah, serangan jantung, dan masih banyak lagi. Berikut ini kami sajikan daftar makanan yang mengandung asam folat dan DHA.


Daftar Makanan yang Mengandung Asam Folat


1. Dedaunan hijau

Semua sayur yang berwarna hijau tua mengandung asam folat cukup tinggi. Penuhi asupan asam folat ini dengan mengonsumsi seporsi bayam, brokoli, sawi hijau, dan masih banyak lagi. Usahakan rutin setiap harinya agar maksimal

2.  Jeruk

Sebenarnya hampir semua jenis buah-buahan mengandung asam folat, namun yang paling tinggi adalah kandungan di dalam jeruk. Oleh sebab itu, pastikan secara rutin Anda mengonsumsi buah jeruk, lemon, jeruk nipis, dan sebagainya agar nutrisi satu ini terpenuhi.

3. Asparagus

Sayuran satu ini juga merupakan sumber asal folat yang tinggi. Selain mengandung senyawa asam folat, asparagus juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti vitamin K, vitamin C, zat besi, dan lainnya. Satu gelas asparagus mampu mencukupi 65 % kebutuhan asam folat harian Anda.

4. Kacang-kacangan

Inilah makanan berasam folat tinggi yang sangat direkomendasikan untuk para ibu hamil. Kandungan asam folat pada kacang-kacangan dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan janin dalam kandungan. Adapun jenis kacang-kacangan yang mengandung asam folat antara lain kacang mede, kacang kedelai, kacang lentil, kacang polong, kenari, dan masih banyak lagi.

5. Hati hewan

Tidak hanya buah dan sayur saja yang mengandung asam folat, tetapi hati hewan pun juga demikian. Meski dianggap mengandung kolesterol tinggi, namun hati hewan sebenarnya mengandung asam folat yang cukup bermanfaat bagi tubuh. Bahkan kandungan asam folat tersebut bisa diserap lebih cepat oleh tubuh.

Baca juga : Makanan Penyubur Kandungan Untuk Wanita

Daftar Makanan yang Mengandung DHA


1. Ikan salmon

Ikan salmon termasuk kedalam makanan dengan kandungan DHA cukup tinggi. Olahan daging ikan salmon sangatlah berguna untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Oleh sebab itu, beri si kecil menu ikan salmon secara rutin supaya lebih cerdas.

2. Tuna

Apabila ikan salmon harganya lumayan mahal, maka Anda bisa menggantinya dengan ikan tuna. Sama halnya dengan salmon, tuna juga mengandung DHA cukup tinggi. Jangan lupa pilih daging ikan yang masih segar dan berkualitas.

3. Telur

Apabila Anda mencari makanan yang mengandung asam folat dan DHA sekaligus, maka silahkan konsumsi telur ayam/bebek. Kandungan folat dan DHA dalam telur cukuplah tinggi. Selain itu, telur juga diperkaya dengan protein yang bermanfaat untuk menggantikan sel-sel tubuh.

4. Daging sapi

Daging sapi dikenal sebagai salah satu sumber protein hewani yang cukup tinggi. Setelah diteliti lebih dalam, ternyata daging satu ini juga mengandung DHA dan asam folat yang cukup signifikan. Konsumsilah daging sapi sehari minimal 25 gram agar bisa mendapatkan khasiat nutrisi di dalamnya.

5. Kacang tanah

Sebenarnya kacag tanah tidak hanya mengandung DHA saja, tetapi juga memiliki kandungan asam folat. Dengan mengonsumsi kacang tanah minimal 2 sendok sehari, maka asupan DHA tubuh pun tercukupi. Sedangkan konsumsi kacang tanah bagi ibu hamil sangat bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat mental.

6. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang terkenal dengan kandungan lemak baiknya. Akan tetapi, selain mengandung lemak baik buah satu ini juga memiliki nutrisi DHA cukup tinggi. Konsumsi 1 butir alpukat sehari dipercaya mampu mencukupi 22% asupan DHA pada tubuh.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba makanan diatas? Itulah daftar makanan yang mengandung asam folat dan DHA. Agar khasiat kedua nutrisi tersebut bisa Anda peroleh maksimal, maka konsumsilah makanan diatas secara rutin. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.