Pages

8 Sumber Makanan yang Mengandung Kolestrol Tinggi

Kolesterol pada dasarnya dapat dibagi menjadi 2 macam, yakni kolesterol jahat dan kolesterol baik. Tubuh sebenarnya memerlukan asupan kolesterol minimal 300 mg menurut AKG. Namun konsumsi terlalu banyak kolesterol dapat meningkatkan penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan hipertensi. Terutama jika jenis kolesterol tersebut adalah kolesterol jahat.

8 Sumber Makanan yang Mengandung Kolestrol Tinggi

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi biasanya berasal dari jenis daging-dagingan. Sangat jarang sekali makanan berkolesterol yang berasal dari sayur. Oleh sebab itu para vegetarian cenderung terbebas dari lonjakan kolesterol dalam tubuh. Berikut ada beberapa makanan dengan tingkat kolesterol tinggi yang harus Anda kurangi.

Daftar Makanan yang Berkolesterol Tinggi


1. Kuning telur

Banyak masyarakat yang tak menyadari bahwa kandungan kolesterol dalam kuning telur sangatlah tinggi. Kandungan kolesterol pada kuning telur mencapai 1234 mg per 100 gram porsi atau dengan kata lain 411 % dari melebihi dari yang disarankan.

Sebenarnya tidak ada larangan mengonsumsi telur, akan tetapi usahakan ketika pagi hari sudah makan telur nanti ketika siang dan malam jangan mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi lainnya.

2. Jeroan ati

Kolesterol merupakan senyawa yang diproduksi di dalam hati, akibatnya hati mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Jeroan hati dari jenis apapun akan berisi sebanyak 564 mg kolesterol per 100 gram atau dengan kata lain sudah memenuhi sebesar 188 % AKG.

Mengonsumsi jeroan ati terlalu banyak sangatlah buruk bagi kondisi kesehatan tubuh Anda. Menurut beberapa survey, banyak sekali penderita stroke dan hipertensi akibat terlalu banyak konsumsi jeroan hati.

3. Mentega

Mentega sebenarnya bukan merupakan jenis makanan, akan tetapi bahan satu ini juga termasuk kedalam sumber kolesterol tinggi. Semua makanan yang dibuat dari mentega seperti biskuit, kue, roti, dan lainnya menawarkan kolesterol jahat sebesar 215 mg per 100 gramnya, atau setara dengan 72 % AKG.

4. Udang

Udang salah satu sumber kalsium yang cukup baik. Konsumsi udang secara rutin dipercaya dapat membantu meningkatkan tumbuh kembang anak-anak. Akan tetapi, dibalik kandungan mineral alaminya tersebut udang juga memiliki sejumlah kolesterol yang tidak baik bagi kesehatan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kandungan kolesterol yang ada dalam udang mencapai 195 mg per 100 gramnya. Besarnya kolesterol ini mampu mencukupi kebutuhan hingga 65 % dari AKG.

5. Kerang

Masih seputar makanan dari air, kerang juga masuk kedalam kategori makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Memang sangat nikmat sekali, apalagi dimasak menjadi rica-rica pedas. Namun jangan sampai Anda mengonsumsinya secara berlebihan, karena setiap 100 gram kerang mengandung sekitar 105 mg kolesterol atau setara dengan 35 % AKG.

6. Minyak ikan

Minyak ikan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Mulai dari meningkatkan perkembangan sistem saraf, mengoptimalkan pertumbuhan, hingga mencegah penyakit jantung. Akan tetapi ternyata minyak ikan juga mengandung kolesterol jahat yang cukup tinggi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, minyak ikan mengandung sebanyak 142 mg (47 % AKG) kolesterol per 100 gramnya. Kandungan kolesterol tinggi pada minyak ikan ini sangat berpotensi menyebabkan hipertensi dan stroke.

7. Keju

Keju merupakan salah satu produk susu yang mengandung kalsium cukup tinggi. Biasanya keju digunakan untuk menambah cita rasa masakan, terutama kue. Namun rata-rata keju mengandung kolesterol sebanyak 123 mg per 100 gram, atau dengan kata lain mampu memenuhi jumlah kolesterol sebanyak 41 % AKG.

8. ES krim

Sama halnya dengan keju, es krim juga termasuk kedalam salah satu produk susu. Tahukah Anda es krim mengandung kolesterol lebih tinggi dari hamburger dan lebih besar dari 10 donat? Ada baiknya mulai sekarang kurangi konsumsi es krim supaya kolesterol tidak naik cukup drastis. Sebagai penggantinya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan segar yang rendah lemak.

Bagaimana, sudah tahu kan? Itulah beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Mulai sekarang lebih baik kurangi porsi jenis makanan diatas sebisanya. Kemudian Anda juga bisa mencoba Makanan yang Mengandung Kolestrol Baik. Sekian informasi pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.