Pages

11 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi - Mencegah Osteoporosis

Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi – Kalsium (Ca) merupakan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita setidaknya 100 mg sehari. Apabila tubuh kekurangan kalsium, maka akan mengalami berbagai macam gangguan, terutama pada bagian tulang. Biasanya orang yang mengalami defisiensi kalsium akan lebih beresiko terserang osteoporosis atau tulang keropos.

Salah satu sumber kalsium tinggi adalah dari susu dan produknya. Kandungan kalsium dalam susu sudah tidak bisa diragukan lagi. Akan tetapi tahukah Anda makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu? Jika belum, simak informasi seputar daftar makanan berkalsium tinggi berikut ini.

Daftar Menu Makanan Berkalsium Tinggi

11 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi - Mencegah Osteoporosis

1. Keju
Keju sebenarnya merupakan salah satu produk dari susu, sehingga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Namun selain mengandung kalsium, keju juga memiliki nutrisi lain seperti vitamin, fosfor, protein, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mengonsumsi produk susu lainnya seperti yoghurt dan es cream untuk mendapatkan asupan nutrisi tersebut.

2. Sayuran hijau
Hampir semua sayuran yang berwarna hijau tua memiliki kandungan kalsium tinggi. Kandungan kalsium dari sayur hijau sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memasuki kehamilan konsumsilah sayur hijau secara rutin.

3. Kacang kedelai
Biasanya kacang kedelai dibuat menjadi berbagai macam olahan yang menarik. Mulai dari susu kedelai, tahu, tempe, dan masih banyak lagi. Makanan berkalsium satu ini mampu meningkatkan tinggi badan secara optimal. Usahakan minimal mengonsumsi secangkir kacang kedelai rebus tanpa garam.

4. Ikan salmon
Makanan yang mengandung kalsium tinggi selanjutnya adalah ikan salmon. Menurut penelitian, sebanyak 3 ons ikan salmon yang sudah dikalengkan mengandung setidaknya 181 mg kalsium. Kandungan kalsium dalam ikan salmon sangat bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan saraf pusat si kecil.

5. Kacang putih
Kacang putih tergolong kedalam kacang berkalsium tinggi. Dalam 100 gram kacang putih mengandung kalsium sebanyak 442 mg. Namun Anda tidak perlu konsumsi sebanyak 100 gram sehari untuk memenuhi asupan kalsium tersebut, cukup dengan 50 gram per porsi saja.

6. Lobak
Lobak merupakan jenis sayuran yang sering dibuat menjadi sup. Mengonsumsi sup yang ada lobaknya, Anda akan mendapatkan asupan 200 mg kalsium per batang lobak. Selain kandungan kalsium yang tinggi, lobak juga memiliki kandungan vitamin A yang bisa bantu menjaga kesehatan penglihatan mata kita.

7. Biji wijen
Siapa sangka biji wijen yang sederhana itu mengandung kalsium cukup tinggi. Menurut pendapat para ahli, setiap 1 ons biji wijen mengandung sekitar 280 mg kalsium. Ini sama halnya dengan kandungan kalsium dalam secangkir susu. Maka dari itu, jika Anda bosan mengonsumsi susu maka biji wijen salah satu alternatif penggantinya.

8. Jeruk
Jeruk terkenal sebagai buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Kandungan vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh dengan mencegah radikal bebas. Setelah diteliti lebih dalam, ternyata jeruk juga memiliki kandungan kalsium. Menurut penelitian kandungan kalsium dalam jeruk sebanyak 60 mg setiap butirnya.
Baca juga: 10 Daftar Makanan yang Mengandung Kalori  Tinggi
9. Oatmeals
Oatmeals mengandung serat, karbohidrat, dan beragam nutrisi yang baik untuk jantung. Biasanya penderita penyakit jantung rutin mengonsumsi oatmeals setiap pagi hari sebagai menu sarapan. Selain kandungan tersebut, oatmeals juga memiliki nutrisi kalsium cukup tinggi. Setidaknya dalam 1 mangkuk oatmeals mengandung 105 mg kalsium di dalamnya.

10. Kacang almond
kacang almond banyak dikonsumsi karena mengandung vitamin E tinggi yang dapat membantu memelihara kesehatan kulit kita. Kacang almond tidak hanya mengandung vitamin E saja, tetapi dia juga mengandung serat, lemak baik, dan kalsium yang cukup tinggi. Menurut penelitian kacang almond mengandung kalsium sebanyak 60-80 mg.

11. Pisang 
Siapa yang tidak kenal pisang? Semua orang tentu sudah mengenalnya. Buah berwarna kuning ini ternyata mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh. Mulai dari potassium, kalium, magnesium, serat, hingga kalsium tinggi. Dengan konsumsi buah pisang rutin, maka penyakit osteoporosis bisa dicegah secara optimal.

Itulah beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi. Agar tidak bosan mengonsumsi makanan sumber kalsium diatas, kami sarankan Anda mengonsumsinya secara berselang-seling. Sekian informasi pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.