Pages

7 Makanan Terbaik yang Banyak Mengandung Kolagen - Untuk Kecantikan Alami

Makanan yang Banyak Mengandung Kolagen – Apakah Anda ingin awet muda? Jika benar demikian, maka konsumsilah makanan berkolagen lebih banyak. Kolagen berguna untuk memberikan elastisitas kulit secara optimal, sehingga dapat mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini.

Selain bermanfaat bagi kesehatan kulit, kolagan juga terbukti berguna untuk menjaga kondisi organ-organ tubuh. Mulai dari tulang, jaringan ikat, dan masih banyak lagi supaya bekerja secara maksimal. Berikut ada beberapa makanan yang banyak mengandung kolageno.


Makanan-Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi


1. Jambu biji (228 mg/ 100 gram)


Banyak orang yang menganggap kandungan vitamin C pada buah jeruk lebih tinggi dari pada buah lain. Padahal kandungan vitamin C paling tinggi sebenarnya terdapat di dalam buah jambu biji. Kandungan vitamin inilah yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Menurut penelitian, konsumsi 100 gram jambu biji maka kita akan mendapatkan asupan kolagen sebanyak 228 mg. Agar tidak bosan ketika mengonsumsi buah jambu, saya sarankan membuatnya menjadi jus segar.

2. Buah kiwi (92,7 mg/ 100 gram)


Produksi kolagen dalam tubuh akan berjalan secara maksimal apabila kita banyak mengonsumsi makanan bervitamin C. Selain jambu biji, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin tersebut dari buah kiwi.

Para ahli mengungkapkan, setiap kita mengonsumsi buah kiwi sebanyak 100 gram, maka kita akan mendapatkan asupan vitamin C sekitar 92,7 mg. Meskipun lebih rendah dari jambu, tetapi kandungan nutrisi buah kiwi lainnya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


3. Leci (71,5 mg/ 100 gram)


Leci merupakan buah yang cukup terkenal dengan kandungan fitonutrienya. Salah satu kandungan nutrisi tersebut adalah vitamin C. Setiap 100 gram buah leci mengandung sebanyak 71,5 mg vitamin C. Jumlah vitamin ini cukup efektif untuk pembentukan kolagen selama beberapa hari kedepan.

Selain mengandung vitamin C, leci juga diperkaya dengan antioksidan alami. Seperti kita ketahui bersama, antioksidan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara menangkal radikal bebas yang menyerang.

4. Pepaya (61,8 mg/ 100 gram)


Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya adalah buah pepaya. Buah satu ini sangat mudah sekali ditemukan di Indonesia. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut khas, membuat buah satu ini banyak diminati oleh masyarakat.

Buah pepaya dikenal mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh. Mulai dari serat hingga vitamin. Kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, terutama kulit.

5. Stroberi (58,8 mg/ 100 gram)


Dari banyaknya buah berri yang ada, stroberri yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Warna buahnya yang merah menyala dengan rasa unik, membuatnya cukup populer. Selain rasanya menyegarkan, buah satu ini juga memiliki sejumlah nutrisi, termasuk salah satunya vitamin C.

Kandungan vitamin C dalam buah stroberi sebanyak 58,8 mg per 100 gramnya. Ada banyak sekali manfaat vitamin C tersebut, mulai dari menjaga kesehatan kulit sampai meningkatkan imun tubuh. Agar mendapatkan manfaat secara maksimal, gunakan pula masker stroberi secara rutin.

6. Buah jeruk (53,2 mg/ 100 gram)


Berbicara mengenai buah bervitamin C, tentunya tidak lengkap rasanya apabila kita tidak membahas buah jeruk. Meskipun sebenarnya kandungannya kalah dengan jambu dan kiwi, akan tetapi buah satu ini mampu memenuhi kebutuhan vitamin C Anda sebanyak 90 % sehari. Selain mengandung vitamin C, buah jeruk juga diperkaya dengan kandungan flavonoid yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak heran banyak sekali masyarakat yang mengonsumsi buah ini agar tubuhnya selalu sehat dan bugar secara alami.

7. Lemon


Lemon sebenarnya masih termasuk kedalam family buah jeruk, namun rasa dari buah satu ini lebih masam (kecut) dari buah jeruk lainnya. Meski tidak banyak disukai, buah lemon tetap mampu menyajikan 53 mg vitamin C dalam setiap 100 gramnya. Dengan kata lain, buah lemon bisa mencukupi kebutuhan vitamin C sebanyak 88 % selama sehari.

Itulah beberapa makanan yang banyak mengandung kolagen atau vitamin C. Sebelunya Anda juga bisa mencoba menu makanan yakni, 11 Makanan Penting yang Mengandung Asam Folatdan DHA. Sekian perjumpaan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.