Pages

7 Makanan Pilihan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh kita. Karbohidrat sendiri dapat dibagi menjadi 3 macam yakni pati, gula, dan serat. Pati memberikan sebanyak 4 kalori sebagai energi. Sedangkan gula langsung bisa dicerna oleh tubuh menjadi energi. Sementara itu serat tidak dicerna menjadi kalori ataupun energi.

7 Makanan Pilihan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Ketiga jenis karbohidrat kompleks tersebut sangatlah diperlukan oleh tubuh. Biasanya para pelaku diet cenderung mengurangi konsumsi makanan berkarbohidrat, padahal jika tidak seimbang ini akan sangat berbahaya sekali. Berikut kami sajikan informasi seputar makanan yang mengandung karbohidrat kompleks untuk Anda.


Daftar Menu Makanan yang Berkarbohidrat Kompleks


1. Kentang

Umbi-umbian satu ini mengandung beragam senyawa nutrisi yang cukup baik bagi tubuh. Dalam secangkir kentang mengandung setidaknya 31 gram karbohidrat dan secangkir kentang tumbuk mengandung 36 gram karbohidrat. Kentang goreng memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi.

Selain mengandung karbohidrat, kentang juga diperkaya dengan kalium, vitamin C, vitamin B6, dan zat besi. Kentang terbebas dari kandungan lemak, kolesterol, dan natrium sehingga sangat baik untuk menjaga berat badan (diet).

2. Biji-bijian

Makanan berkarbohidrat selanjutnya adalah biji-bijian. Hampir semua jenis biji-bijian pasti mengandung senyawa karbohidrat yang cukup tinggi dan semuanya mengandung dedak gandum yang memberikan nutrisi pada tubuh.

Salah satu jenis biji-bijian yang kaya akan karbohidrat adalah beras merah. Dalam beras ini terkandung setidaknya 38 mg per porsi. Tidak hanya menyediakan energi dan meningkatkan karbohidrat saja, tetapi beras merah juga serat yang cukup baik untuk membantu proses pencernaan.

3. Buah jeruk

Buah jeruk lebih dikenal sebagai sumber vitamin C yang cukup tinggi. Akan tetapi setelah dilakukan penelitian secara lebih mendalam, ternyata buah satu ini mengandung pula sumber energi utama yakni karbohidrat.

Jeruk mengandung karbohidrat sederhana, fruktosa, glukosa, dan galaktosa yang akan memberikan energi pada tubuh. Dalam setiap buah jeruk berukuran sedang mengandung 18,5 gram karbohidrat dan 2,7 gram serat, atau lebih tepatnya dalam 151 gram jeruk mengandung 14 gram karbohidrat.

4. Buah berri

Semua buah berri mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan antioksidannya inilah yang bisa mencegah radikal bebas penyebab penyakit berbahaya. Selain itu buah berri juga diperkaya dengan kandungan karbohidrat yang bisa membantu menambah energi.

Buah berri ada banyak sekali jenisnya, mulai dari blackberry, stroberi, blueberry, dan masih banyak lagi. Dari banyaknya buah berri tersebut, blueberry lah yang paling tinggi kandungan karbohidratnya. Kandungan karbohidrat per cangkirnya adalah 21 gram.

Baca juga: 7 Makanan Terbaik yang Banyak Mengandung Kolagen

5. Pizza

Banyak orang yang menganggap pizza merupakan makanan cepat saji yang buruk bagi kesehatan. Namun tidaklah semua demikian, beberapa pizza yang dicampur dengan sayuran juga cukup menyehatkan bagi tubuh kita.

Kandungan karbohidrat dalam pizza mencapai 25 % dari beratnya. Semakin tebal dan berat pizza tersebut, maka kandugan karbohidratnya akan semakin tinggi, apalagi jika ditambah dengan beragam toping diatasnya.

6. Pisang

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks berikutnya adalah buah pisang. Buah satu ini mungkin lebih dikenal mengandung potasium yang cukup tinggi, tetapi sebenarnya dia juga memiliki karbohidrat yang baik bagi tubuh.

Setiap 1 buah pisang jenis apapun mengandung sekitar 24 gram karbohidrat. Selain itu, buah pisang diperkaya pula dengan kandungan vitamin B6, vitamin C, dan juga serat alami. Sertakan minimal 1 buah pisang sehari agar Anda mendapatkan semua manfaat kesehatan dari nutrisi tersebut.

7. Semangka

Semangka merupakan buah yang kaya akan air dan serat. Konsumsi semangka memang cukup efektif untuk menurunkan tekanan darah dan berat badan, akan tetapi apabila berlebihan maka akan mengakibatkan demam panas.

Selain mengandung air dan serat alami, semangka juga memiliki kandungan karbohidrat yang lumayan tinggi. Setiap 1/2 cangkir potongan dadu semangka mengandung 5,5 gram karbohidrat dengan kadar glikemik indeks sebesar 72.

Itulah beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Sebenarnya karbohidrat cukup bermanfaat bagi tubuh karena merupakan sumber energi, akan tetapi konsumsi secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan Anda. Oleh sebab itu konsumsilah sewajarnya saja. Salam!

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.