Pages

Roti Kasur Keju


Karena hari ini mama aku ulang tahun jadi aku bikin roti, berhubung masih pemula jadi rotinya gak secantik roti bikinan orang yang sudah mahir bikin roti atau buatan toko roti. Ini kali kedua aku bikin roti sebelumnya aku sudah pernah bikin roti boy yang resepnya sudah aku posting di blog ini. Tadinya males sih yang mau bikin, mata mana masih ngantuk masih nungguin kentang buat campuran adonan biar rotinya makin empuk kayak kasur (namanya juga roti kasur ^^), karena bikinnya ogah-ogahan jadi adonannya agak lembek gara-gara kebanyakan air berhubung kentangnyajuga sudah mengandung air jadi butuh tepung lagi, yang rencananya Cuma mau bikin 200 gram tepung eh malah jadi 300 gram karena kelembekan, dari pada kebanyakan cerita aku kasih resepnya ya, lagi-lagi aku ngintip resep di blog mbak Ricke, tentunya aku modifikasi sedikit, berikut ini resep roti kasurnya:

Bahan:
300 gram tepung terigu protein tinggi
1 sdt ragi Instan
65 gr gula pasir
10 gr susu bubuk full cream
2 kuning telur
100 gram kentang kukus, haluskan
100 ml air es
35 gram margarin

Polesan: Susu Cair (saya pakai susu kental manis)

Topping:
Keju parut

Isi :
Sesuai selera

Cara membuat:
1.   Campur terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata.
2.   Masukkan kentang aduk rata, tambahkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni  sampai adonan kalis. Hentikan penambahan adonan jika adonan sudah kalis.
3.   Masukkan margarin. Uleni kembali sampai kalis dan elastis, bisa menggunakan mixer, sampai  adonan kalis. Diamkan 1 jam.
4.   Kempiskan adonan timbang sekitar 30 gram (atau sesuai selera) atau bagi adonan menjadi bagian  yang sama rata. Kalau punya saya jadi 12 potong ^^. Pipihkan dan isi dengan isian sesuai selera,  atau bisa tanpa diisi. Bulatkan kembali adonan. Letakkan berjejer dalam loyang kotak yang sudah  diolesi margarin, tutup dengan serbet, diamkan kembali hingga mengembang selama 30 menit.


5.  Panaskan oven 180-200’C (Oven harus sudah panas saat adonan masuk). Oles permukaan adonan yang telah mengembang dengan susu cair dan beri taburan keju parut diatasnya. Panggang dalam oven selama 15 menit hingga matang dan permukaannnya kecokelatan (kalau saya memakai otang jadi perkiraan saja ya, jika ovennya sudah panas lalu masukkan ke dalam oven, sekitar 30-40 menit saya memanggang, karena pakai otang bawahnya ada yang gosong). Keluarkan dari oven. Siap untuk dinikmati ^^.


NB: maaf fotonya kurang bagus maklum pakai kamera hp ^^

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.