Pages

Inilah 9 Manfaat Makan Pisang Untuk Kesehatan

Manfaat Makan Pisang – Pisang merupakan salah satu buah yang menjadi primadona di tanah air. Hampir setiap kebun pasti ada tanaman satu ini, terutama di sekitar pedesaan. Selain memiliki nikmat dikonsumsi, ternyata buah pisang juga mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Nutrisi-nutrisi inilah yang menjadikan khasiat buah pisang bagi kesehatan cukup tinggi.

Kandungan nutrisi buah pisang sangatlah lengkap. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin B, mangan, kalium, potasium, serat, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang belum tahu kesaktian dari buah ini, silahkan simak informasi seputar manfaat makan pisang bagi kesehatan tubuh berikut.

Inilah 9 Manfaat Makan Pisang Untuk Kesehatan

Makanan Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh


1. Melancarkan BAB

Pisang termasuk salah satu buah yang mengandung serat cukup tinggi. Setidaknya dalam 100 gram buah pisang mengandung sebanyak 3 gram serat. Manfaat serat yang paling besar adalah mampu melancarkan sistem pencernaan tubuh kita. Khasiat pisang satu ini sangat penting bagi Anda yang sedang mengalami susah BAB atau sembelit.

2. Melancarkan sistem peredaran darah

Buah pisang mengandung potasium dan kalium yang sangat bermanfaat untuk menurunkan hipertensi, melancarkan peredaran darah, menurunkan kolesterol, dan masih banyak lagi. Apabils sistem peredaran darah terpelihara dengan baik, maka resiko serangan jantung dan stroke pun akan lebih rendah.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat pisang untuk menjaga kesehatan mata sangatlah besar. Buah ini mengandung senyawa vitamin A yang mampu menjaga dan memelihara membran di area sekitar mata. Menariknya lagi, buah ini juga mempunyai kandungan alpha dan betakaroten yang dapat menangkal radikal bebas penyebab munculnya degenerasi makula pada mata.

4. Mencegah dan mengatasi anemia

Anemia merupakan penyakit yang muncul disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan sel darah merah. Untuk meningkatkan jumlah sel darah merah, Anda bisa mengonsumsi buah pisang yang kaya akan kandungan zat besi. Kandungan tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi bahan baku pembentukan sel-sel darah baru.

5. Mencegah diabetes

Meskipun buah pisang memiliki rasa manis, tetapi buah satu ini sebenarnya tidak menyebabkan resiko penyakit gula diabetes meningkat. Malahan, kandungan serat larutnya yang cukup tinggi dapat meningkatkan jumlah lipid dan insulin dalam tubuh. Dengan demikian, buah pisang sangat bermanfaat untuk mencegah diabetes dan mengontrol kadar gula darah.

6. Meningkatkan sistem imun tubuh

Khasiat buah pisang selanjutnya adalah mampu meningkatkan imun. Sistem kekebalan tubuh akan meningkat apabila kita memperbanyak konsumsi makanan bervitamin C tinggi. Tak hanya dari jeruk dan jambu saja, tetapi Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin C tinggi dari buah pisang. Setidaknya dalam 100 gram buah pisang mengandung vitamin C sebanyak 9 mg.

7. Mencegah dan mengobati asma

Sebuah studi penelitian di Imperial College London, membuktikan bahwa seorang anak yang rutin mengonsumsi buah pisang setiap hari memiliki resiko terkena penyakit asma 34 % lebih kecil dari pada yang tidak mengonsumsinya. Manfaat pisang ini bisa muncul disebabkan karena kandungan mineral alaminya yang dapat merileksasi saluran pernafasan dan memeliharanya.

8. Meningkatkan konsentrasi otak

Sarapan buah pisang rutin dicampur dengan sereal, dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi otak ketika beraktivitas. Khasiat ini telah dibuktikan ke 200 pelajar yang mengonsumsi buah pisang rutin setiap pagi, terbukti mereka memiliki konsentrasi dan daya ingat cukup baik ketika menerika pelajaran yang diberikan oleh Guru.

9. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Manfaat makan pisang yang terakhir adalah baik untuk ibu hamil. Bagi Anda yang sering mengalami morning sickness ketika memasuki trimester pertama, silahkan konsumsilah buah pisang secara rutin. Rasanya yang manis dengan aroma khasnya, akan membuat rasa mual Anda menjadi hilang dengan sendirinya. Bahkan konsumsi pisang rutin dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Itulah beberapa manfaat makan pisang yang bisa kita dapatkan. Namun untuk mendapatkan semua khasiat diatas secara optimal, kita harus mengonsumsi buah pisang ini secara rutin minimal satu kali sehari. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda seputar manfaat buah-buahan, salam!

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.