Pages

11 Makanan Pencegah Kanker Paling Ampuh Saat Ini

Makanan Pencegah Kanker – Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan. Menurut data yang telah diterbitkan oleh WHO, setidaknya dalam dua dekade terakhir ini penderita kanker melonjak sangat tajam, terutama kanker serviks dan kanker payudara. Bahkan The Indian Council of Medical Research memprediksi di tahun 2020 nanti kanker akan diderita mayoritas oleh penduduk diseluruh dunia.

Kanker termasuk kedalam penyakit yang muncul disebabkan karena adanya mutasi genetik atau DNA. Penyakit ini sudah banyak sekali membunuh manusia, setidaknya setiap tahunnya sudah jutaan orang yang meninggal akibat kanker. Sebelum Anda terserang penyakit berbahaya tersebut, konsumsilah beberapa makanan pencegah kanker berikut ini.

11 Makanan Pencegah Kanker Paling Ampuh Saat Ini

Makanan Sehat Untuk Mencegah Penyakit Kanker

1. Bawang putih

Siapa yang tak tahu dengan bawang putih? biasanya bawang putih banyak dimanfaatkan untuk memasak. Namun siapa sangka, ternyata bawang putih sangat bermanfaat untuk mencegah kanker mematikan. Bawang putih mengandung allium yang dapat membantu mencegah munculnya mutasi genetik, tumor, dan menghentikan pertumbuhan sel abnormal. Bawang putih tak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker saja, tetapi kandungan mineral kaliumnya yang cukup tinggi juga baik untuk menurunkan tekanan darah penyebab penyakit jantung. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, minimal konsumsilah bawang putih sebanyak 1 siung saja.

2. Buah delima merah

Buah delima identik dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Ternyata setelah diteliti, kandungan antioksidan tersebut sangat bermanfaat untuk pencegahan kanker. Antioksidan bekerja dengan cara menangkal radikal bebas yang bisa memicu munculnya pertumbuhan sel abnormal. Selain mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, buah delima merah juga memiliki kandungan polifenol dan asam ellagic yang bersifat mencegah pertumbuhan kanker. Dengan demikian, konsumsi buah delima merah secara rutin sangat baik untuk penyembuhan kanker yang Anda derita.

3. Sayuran berdaun hijau

Sudah saat Anda menambahkan menu makan yang berasal dari sayuran-sayuran hijau. Sayuran hijau termasuk salah satu makanan pencegah kanker yang cukup efektif, terutama sayuran yang masih fresh berwarna hijau agak tua. Dalam sayuran hijau terkandung vitamin B, serat, fotokimia, krorofil, dan senyawa lain yang terbukti bermanfaat untuk mencegah kanker. Adapun jenis sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi secara rutin antara lain seperti bayam, sawi, kangkung, dan lain sebagainya. Supaya tidak bosan dan hasilnya maksimal, masak sayuran-sayuran hijau tersebut dengan cara yang baik dan benar. Misalnya membuat tumis, sup, dan sebagainya.

4. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi Omega 3, vitamin B12, vitamin D, asam folat, dan sebagainya. Rata-rata kandungan nutrisi dalam ikan salmon tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, termasuk salah satunya mencegah munculnya kanker otak. Ikan salmon tidak hanya bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker saja, tetapi kandungan mineral alaminya juga terbukti cukup efektif untuk meningkatkan sistem imun tubuh, metabolisme lemak, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Teh hijau

Teh hijau termasuk kedalam minuman yang mengandung senyawa antioksidan cukup tinggi. Seperti yang telah kita ketahui bersama, antioksidan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Menurut para ahli, konsumsi teh hijau secangkir setiap hari dapat menurunkan resiko kanker sebesar 20 %. Manfaat teh hijau tidak sampai disitu saja, tetapi minuman satu ini juga sangat dianjurkan bagi Anda yang sudah terlanjur terkena kanker. Kandungan fitokimia yang terdapat dalam teh hijau dipercaya mampu menghentikan pertumbuah sel kanker tersebut secara alami.

6. Paprika

Makanan pencegah kanker selanjutnya adalah paprika. Baik itu paprika merah ataupun paprika hijau, keduanya sangat bermanfaat untuk kanker. Paprika hijau mengandung senyawa klorofil tinggi yang dapat mengikat karsinogen penyebab kanker usus. Sehingga papria hijau sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sedangkan untuk paprika merah, dia mengandung senyawa antioksidan dalam bentuk capsaicin dan karotenoid yang notabenya sangat bermanfaat untuk mencegah kanker payudara. Untuk mendapatkan manfaat lebih maksimal dari paprika hijau dan merah, konsumsilah kedua-duanya secara rutin setiap hari.

7. Kunyit

Mungkin kunyit lebih dikenal sebagai rempah yang mampu meningkatkan citarasa dan aroma masakan. Namun siapa sangka, ternyata dibalik itu semua kunyit sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. Sudah banyak sekali para ahli yang merekomendasikan kunyit sebagai makanan pencegah penyakit kanker. Manfaat kunyit untuk kanker ini dapat muncul karena dia mengandung senyawa kurkumin yang cukup tinggi. Kandungan kurkumin bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan mutasi sel. Tidak hanya kanker payudara saja, tetapi kanker jenis lainnya pun bisa dicegah dengan konsumsi kunyit rutin.

8. Buah alpukat

Buah alpukat juga bisa dikatakan salah satu makanan pencegah kanker. Buah satu ini memiliki kandungan glutathione yang cukup efektif untuk melawan pertumbuhan sel kanker di dalam organ tubuh, mencegah diabetes, mengurangi resiko penyakit jantung, dan masih banyak lagi. Selain mengandung glutathione, alpukat juga kaya akan kandungan serat alami. Mengonsumsi serat alami sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan metabolisme dan sistem pencernaan. Oleh sebab itu, jangan lupakan buah alpukat setiap sarapan ataupun makan siang.

9. Cabai rawit 

Apa yang Anda rasakan ketika mengonsumsi cabai? Yup, cabai memiliki rasa pedas yang sangat menyiksa mulut dan perut. Ternyata dibalik rasa pedasnya tersebut, cabai rawit memiliki senyawa capsaicin yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker pada bagian perut dan sistem pencernaan. Setelah diteliti lebih mendalam lagi, manfaat cabai tidak hanya untuk kanker saja. Cabai rawit, keriting, dan cabai merah beras ternyata juga terbukti mampu melancarkan sistem peradaran darah dalam tubuh kita.

10. Anggur merah

Anggur merah memiliki kandungan bioflavonoids, dia adalah kandungan antioksidan yang dapat menghalau munculnya kanker. Selain itu, buah mungil ini juga mengandung asam ellagic yang mampu mencegah pertumbuhan tumor ganas pada bagian organ tubuh tertentu. Mungkin banyak yang mengira minuman anggur merah mengandung alkohol tinggi, tetapi sebenarnya anggur merah yang asli tidak mengandung senyawa tersebut. Malahan, anggur merah mengandung polyphenol yang cukup baik untuk menghambat mutasi sel.

11. Jeruk Bali

Sebenarnya makanan pencegah kanker tidak hanya jeruk Bali saja, tetapi jeruk dan tanaman citrus lainnya pun juga bermanfaat sama. Dipercaya jeruk Bali memiliki kandungan monoterpenes yang terbukti cukup efektif untuk menyapu karsinogen penyebab kanker pada tubuh. Manfaat lain dari jeruk Bali adalah mampu meningkatkan sistem imun. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh dapat disebabkan karena buah jeruk mengandung senyawa vitamin C tinggi yang bersifat layaknya antioksidan.

Itulah daftar makanan pencegah kanker yang bisa kami sajikan. Selain mengonsumsi makanan diatas secara rutin, ada baiknya mulai sekarang Anda juga menerapkan pola hidup sehat supaya hasilnya maksimal. Misalnya seperti olahraga jogging rutin, menghindari kebiasaan buruk, diet sehat, dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.