Pages

Inilah 8 Makanan untuk Memperbanyak ASI Bunda

Makanan untuk Memperbanyak ASI – Dengan menyusui, seorang ibu telah memberikan kehidupan terbaik bagi si buah hati. Proses menyusui sangat diperlukan mulai dari bayi lahir pertama kalinya sampai dengan berusia 6 bulan. Barulah setelah 6 bulan ibu dapat memberikan makanan pendamping ASI yang berasal dari bubur, tim, ataupun makanan lembut lainnya.

Namun banyak sekali masalah yang muncul dari produksi ASI tersebut, entah itu air susu tidak bisa keluar ataupun hanya keluar sedikit. Nah bagi Anda yang mungkin mengalami masalah tersebut, silahkan konsumsi beberapa makanan untuk memperbanyak ASI berikut ini secara rutin setiap harinya.

Inilah 8 Makanan untuk Memperbanyak ASI Bunda

Jenis Makanan Untuk Memperbanyak Keluarnya ASI


1. Bawang putih

Siapa sangka, bumbu masak yang selama ini kita pakai sangat bermanfaat untuk ASI. Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi bawang putih minimal 1 siung sehari dapat membantu meningkatkan produksi air susu ibu. Dari banyaknya makanan penambah jumlah ASI, bawang putih tergolong paling mudah untuk dimasukan kedalam menu harian Anda.

2. Bayam

Bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung senyawa phytoestrogen yang sangat baik untuk meningkatkan produksi air susu ibu. Selain berkhasiat memperbanyak ASI, kandungan vitamin dan mineral alaminya juga terbukti baik untuk meningkatkan kualitas air susu bagi ibu yang baru saja melahirkan. Usahakan minimal konsumsi 1 ikat bayam setiap harinya.

3. Kacang-kacangan

Sudah bukan rahasia umum lagi kacang-kacangan mampu meningkatkan produksi air susu ibu. Bahkan dibeberapa negara, kacang menjadi camilan wajib dikonsumsi bagi ibu yang baru saja melahirkan. Dari banyaknya jenis kacang, mede dan almond lebih direkomendasikan bagi Anda yang mengalami masalah seputar ASI.

4. Ubi jalar

Ubi jalar sering dianggap sebelah mata karena dia memiliki rasa yang kurang nikmat dan terkesan kampungan. Namun siapa sangka, ternyata ubi jalar mengandung betakaroten, karotenoid, dan zat laktogogum yang terbukti cukup efektif untuk memperbanyak ASI. Akan tetapi sebelum mengonsumsinya, lebih baik pastikan terlebih dahulu ubi jalar tersebut terbebas dari pengaruh pestisida. Karena jika tubu jalar sudah terpengaruh pestisida, maka akan menyebabkan buah hati menderita penyakit tertentu.

5. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang cukup terkenal dengan kandungan vitamin A. Selain bermanfaat untuk mata, kandungan vitamin A tersebut juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI bagi ibu yang baru melahirkan. Bahkan kandungan pyhtoestrogen yang ada di dalamnya cukup mujarab untuk meningkatkan kualitas air susu ibu. Para ahli merekomendasikan konsumsi minimal 1 gelas jus wortel setiap harinya. Biasanya ketika konsumsi 1 gelas jus wortel di pagi hari, sorenya ASI sudah mulai muncul banyak.

6. Labu

Baik itu labu siam, labu botol, ataupun labu kuning mereka semua mengandung mineral alami yang baik untuk pembentukan ASI. Selain itu kandungan nutrisi dalam labu mudah dicerna oleh tubuh, sehingga tidak akan membuat berat badan Anda naik setelah melahirkan. Hal ini tentunya cukup bermanfaat bagi kita yang ingin melakukan diet setelah melahirkan.

7. Jagung

Makanan untuk memperbanyak ASI selanjutnya adalah jagung. Makanan ini mengandung karbohidrat, kalori, dan nutrisi lainnya yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan semacam inilah yang menjadi cikal bakal pembentukan air susu ibu. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa mengonsumsi jagung minimal sebanyak 200 gram sehari.

8. Kemangi

Mungkin kemangi lebih dikenal sebagai bahan untuk membuat lalapan segar yang disajikan bersama dengan ayam bakar ataupun lele goreng, namun siapa sangka ternyata kemangi mengandung senyawa phytoestrogen yang sangat bermanfaat untuk memperbanyak produksi ASI. Manfaat lain yang terkandung dalam kemangi adalah mampu menenangkan, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan gerakan usus, dan meningkatkan nasfu makan. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin, kemangi cukup bermanfaat untuk mengatasi bau badan kurang sedap.

Itulah beberapa makanan untuk memperbanyak ASI yang bisa Anda coba konsumsi. Selain memperbanyak jumlah ASI, makanan tersebut juga bisa meningkatkan kualitas air susu ibu supaya lebih sehat. Namun agar mendapatkan semua manfaat tersebut, Anda harus mengonsumsi makanan-makanan diatas secara rutin setiap harinya. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.