Pages

Menu Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Menu Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi - Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang tak bisa dianggap ringan, karenan sering jadi penanda atau gejala penyakit serius, khususnya jantung. Munculnya tekanan darah tinggi bisa disebabkan berbagai hal, misalnya stres, diabetes, asupan garam yang tinggi, hingga karena makanan-makanan tertentu.

Beberapa makanan bisa menjadi pemicu naiknya tekanan darah. Namun, beberapa makanan yang lain juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Jika Anda kebetulan mengalami tekanan darah tinggi, dan ingin menurunkannya, makanan-makanan berikut ini bisa dipilih.

Menu Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

1. Buah yang Kaya Vitamin C

Berdasarkan berbagai penelitain, takaran vitamin C yang tepat bisa mengurangi kemungkinan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi buah yang kaya vitamin C adalah cara aman dalam upaya menurunkan tekanan darah. Buah-buahan seperti jeruk, cranberry, jambu biji, anggur, kiwi, juga stroberi, adalah sumber vitamin C.

2. Pisang

Pisang dikenal sebagai makanan penambah energi. Dalam upaya mengontrol tekanan darah tinggi, Anda bisa mengonsumsi 1-2 buah pisang. Ingat, jangan lebih dari 2 buah setiap hari.

3. Bayam

Bayam adalah sumber vitamin C, zat besi, folat, dan magnesium. Selain memberi nutrisi yang bagus untuk tubuh, bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Bawang Putih

Bawang putih bisa dikonsumsi secara teratur untuk mencegah penyakit jantung. Selain menurunkan tekanan darah, bawang putih juga dipercaya ampuh untuk mengendalikan penyumbatan di dalam hati.

5. Brokoli

Brokoli dapat mengontrol kadar gula darah, insulin, dan menyehatkan jantung. Selain itu, brokoli juga mengandung potasium dan krom, yang terkenal ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Tomat

Tomat mengandung lycopene (antioksidan) yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara alami. Untuk mengontrol tekanan darah tinggi, Anda bisa mengonsumsi tomat secara teratur.

Jadi itulah tadi beberapa menu makanan sehat penurun tekanan darah tinggi yang dapat Anda konsumsi sehari-hari.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.