Pages

Makanan Sehat Untuk Anak Autis

Makanan anak autis − Anak berkebutuhan khusus atau anak autis merupakan anak yang mengalami kelainan akibat faktor genetik ataupun gangguan perkembangan otak awal yang pada umumnya terlihat ketika anak memasuki usia 1 hingga 3 tahun.

Makanan Sehat Untuk Anak Autis

Anak-anak autis ini memiliki kondisi fisik dan emosi yang berbeda, sehingga memerlukan pola asuh yang khusus termasuk pola makannya. Dimana anak-anak ini pada umumnya memiliki kekebalan tubuh dan sistem pencernaan yang lebih sensitif.

Selain itu anak autis juga cenderung memiliki tingkat alergi yang lebih tinggi dibandingkan anak normal pada umumnya.

Mengapa Makanan Untuk Anak Autis Berbeda?

Banyak alasan yang menyertai mengapa diet sehat untuk anak autis ini sangat dianjurkan. Dimana anak dengan autisme ini selain memiliki kecenderungan yang lebih tinggi terhadap alergi dan gangguan pencernaan juga memiliki kekebalan tubuh yang berbeda.

Hal inilah yang membuat diet sehat menjadi salah satu terapi nutrisi yang sangat dianjurkan. Selain berfungsi untuk memperbaiki pencernaan juga terbukti dapat mengurangi gejala autis dan sikap agresif pada anak. Itulah alasan mengapa makanan anak autis berbeda dengan makanan anak pada umumnya.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Anak Autis

Makanan anak autis memiliki beberapa perbedaan, hal ini dipengaruhi pada gangguan autis yang dialami oleh anak. Dalam pemilihan makanan ini juga harus diperhatikan, untuk sumber karbohidrat dianjurkan yang bebas gluten seperti singkong, kentang, beras, arerut serta ubi jalar. Selain itu makanan yang mengandung omega 3 dan probiotik juga dianjurkan.

Anak atutis pada umumnya membutuhkan lemak esensial yang lebih tinggi sehingga penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan salmon, minyak ikan, kacang kenari dan biji rami. Selain itu ada beberapa bahan makanan lain yang dianjurkan untuk anak berkebutuhan khusus ini yang antara lain adalah yogurt, bawang putih, daun bawang, kacang polong asparagus dan buah pisang. Sedang untuk daging sebaiknya pilih daging organik.

Makanan Yang Dihindari untuk Anak Autis

Ada beberapa makanan anak autis yang harus dihindari, yang antara lain adalah makanan yang mengandung gluten dan kasein karena dapat memicu sikap agresif anak seperti gandum, sereal dan protein susu.

Selain itu juga ada beberapa makanan makanan yang perlu dihindari karena dapat memperburuk gejala yang antara lain adalah gula sukrosa, frukosa dan gula olahan, makanan kaleng, biji-bijian dan kacang-kacangan, serta rumput laut dan agar-agar.

Itulah beberapa makanan yang dianjurkan dan harus dihindari oleh anak berkebutuhan khusus. Pada beberapa penelitian, anak dengan autis yang manjalani diet sehat ini mengalami peningkatan dan perubahan ke arah yang positif. Semoga informasi terkait makanan anak autis ini dapat bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.