Pages

Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi Usia 7 Bulan

Usia 7 bulan merupakan usia dimana gigi seri sudah mulai tumbuh, oleh karenanya masa ini sangat penting untuk mengenalkan makanan pada bayi. Menurut anjuran dokter makanan pendamping ASI ini dapat diberikan sejak usia bayi memasuki 6 bulan, namun setelah memasuki usia 7 bulan ini porsi makan dapat disesuaikan dengan tekstur makanan yang mudah dilumat oleh bayi.

Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi Usia 7 Bulan

Untuk menu makanan bayi 7 bulan ini sendiri tidaklah terlalu sulit, karena kita dapat membeli makanan bayi yang siap saji. Namun sebagai ibu rumah tangga yang baik tentulah akan lebih baik jika anda menyiapkannya sendiri di rumah.

Nutrisi Yang Diperlukan Bayi Usia 7 Bulan


Sebelum anda menyiapkan makanan untuk buah hati anda, terlebih dahulu kenali nutrisi yang diperlukan untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi yang memasuki usia 7 bulan. Nutrisi dalam makanan bayi 7 bulan sangat penting untuk menentukan kembang tumbuh si kecil, baik untuk kesehatan maupun penyempurnaan fungsi seluruh organ tubuhnya.

Beberapa nutrisi yang sangat diperlukan oleh bayi diantaranya adalah karbohidrat kompleks, lemak sehat, mineral seperti zat besi, kalsium dan kromium, serta berbagai macam vitamin yang berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Menu Makanan Bayi 7 Bulan


Pada usia 7 bulan, makanan memang belum menjadi sumber energi utama bagi bayi, karena makanan utama bayi masih berasal dari ASI. Pada masa ini pemberian makanan dilakukan untuk mengenalkan bayi pada berbagai macam makanan. Menu makanan yang diberikan pada bayi pun masih terbatas, dengan tekstur yang lembut. berikut beberapa makanan bayi 7 bulan yang direkomendasikan:

• Bubur susu, menu ini memiliki tekstur yang paling lembut dibandingkan makanan pendamping ASI lainnya, sehingga dapat diberikan pada periode pertama. 

• Nasi tim, menu ini dapat dicampurkan dengan berbagai macam lauk dan sayur yang ditanak bersamaan. Tekstur dari nasi tim ini haruslah lembut agar lebih mudah dicerna oleh bayi. 

• Makanan selingan yang dapat berupa biskuit bayi, buah-buahan lembut ataupun sari buah.

Bubur susu dan nasi tim dapat diberikan pada pagi dan sore hari dengan porsi yang disesuaikan, sedangkan makanan selingan bayi dapat diberikan pada siang hari atau saat bersantai. Agar bayi tidak bosan maka anda dapat mengkreasikan makanan bayi 7 bulan ini dengan berbagai macam sayur dan lauk yang sesuai.

Lauk yang direkomendasikan diantaranya adalah ikan tuna, daging ayam atau sapi, telur, tahu atau tempe yang sebelumnya telah dihaluskan.

Sedangkan untuk sayuran, bayam, wortel, sawi, brokoli memiliki nutrisi yang bagus untuk bayi. Itulah beberapa makanan bayi 7 bulan yang dapat anda berikan kepada buah hati tercinta anda, semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.