Pages

MENULIS ITU ASYIK DAN MUDAH

MENULIS ITU ASYIK DAN MUDAH

Sebelum saya menjelaskan sedikit tentang apa itu menulis dan apa saja manfaat menulis itu sendiri, saya akan memberikan sedikit ulasan tentang alasan-alasan seseorang yang mungkin belum tahu dari manfaat menulis dan akhirnya enggan untuk menulis atau menuangkan ide, gagasan, pendapat mereka ke dalam suatu tulisan. Berikut ini adalah penyebab seseorang enggan untuk menulis:
1. Adanya sifat  pasif dengan suatu berita yang terjadi di sekitarnya dan enggan
    untuk mendokumentasikan kejadian itu dalam bentuk tulisan.
2. Kurangnya kesadaran dalam mengekspresikan diri dan beranggapan bahwa
    menulis itu merupakan sesuatu hal yang membuang-buang waktu.

Menulis merupakan salah satu dari cara kita mengungkapkan gagasan, ide, pengalaman maupun yang lainnya dalam bentuk tulisan. Menulis juga merupakan cara mengabadikan atau menceritakan kembali cerita, kisah, maupun sejarah supaya isi yang tertuang di dalamnya dapat disampaikan dari masa ke masa. Menulis adalah hal yang sepele, namun kebanyakan orang malas untuk melakukannya. Menulis merupakan hal yang luar biasa. Dengan menulis kita dapat mengasah kemampuan kita dalam mengutarakan pendapat maupun uneg-uneg yang berasal dari dalam hati dan pikiran kita. Dalam suatu hadis menyebutkan bahwa “ikatlah ilmu dengan tulisan”. Dalam hadis ini mengandung arti bahwa ilmu atau pengetahuan itu dapat disimpan ke dalam tulisan, yang apabila sewaktu-waktu ingin di serap kembali akan lebih mudah dari pada ilmu yang tidak diikat ke dalam tulisan.

Kebanyakan orang masih belum mengerti apa hakikat menulis dan cara menulis itu sendiri. Pada hakikatnya menulis itu sangatlah mudah dan menyenangkan. Semisal menulis buku harian, cerita,  karya ilmiah, maupun yang lainnya. Hal itu semua dapat menjadikan kita lebih berani mengemukakan pendapat tentang suatu ide atau ekspresi kita kepada khalayak ramai. Selain itu menulis juga ada berbagai macam keuntungannya, salah satunya yaitu sebagai media menyebarkan informasi, sebagai bahan untuk mengekspresikan diri, sebagai bahan untuk mencari uang, dan masih banyak lagi keuntungannya. Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita membutuhkan yang namanya informasi. Informasi itu kita peroleh melalui tulisan. Kebanyakan orang terkadang suka menulis, tapi media yang digunakan untuk menulis itu salah. Kadang ada yang menulis di dinding-dinding tembok maupun di tempat-tempat lain yang dapat mengganggu keindahan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, pada saat  menulis hendaknnya dituangkan dalam medianya yaitu kertas.

Seseorang yang gemar dan terbiasa menulis biasanya lebih kritis dalam menghadapi sesuatu. Karena dia mempunyai banyak argumen-argumen yang akan diungkapkannya untuk mengatasi masalah-masalah yang sedang dia hadapi pada waktu itu. Dengan menulis, selain dapat mengasah kemampuan dalam mengutarakan dalam berpendapat juga dapat dijadikan sebagai penghasil uang. Seperti halnya seorang wartawan maupun jurnalis, berapa uang yang dibayarkan ketika dia menulis sesuatu berita kejadian yang kemudian disampaikan kepada khayalak ramai. Subhanallah,,, banyak sekali keuntungannya.



Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menulis itu banyak sekali keuntungannya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu, marilah kita membiasakan menulis supaya kita dapat mengambil berbagai hikmah dari menulis itu sendiri dan dapat mengabadikan cerita atau kejadian dari masa ke masa.
 

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.