Pages

TIPS-TIPS LOLOS SNMPTN

tips lolos snmptn

                SNMPTN – SMPTN (dulu bernama SPMB) merupakan salah satu hal yang paling ditunggu oleh para siswa, terutama setelah mereka lulus dari SMA. Banyak cara dilakukan oleh para siswa tersebut dalam menempuh SNMPTN agar bisa sukses dan berhasil diterima di universitas unggulan di berbagai kota di Indonesia. SNMPTN sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yakni jalur IPA, yang terdiri dari materi soal IPA dan kemampuan umum, jalur IPS, yang terdiri dari materi soal IPS dan kemampuan umum, serta IPC, yakni kombinasi dari materi IPA dan IPS plus kemampuan umum. Kemampuan umum terdiri dari soal Bahasa Inggris,Matematika Dasar, dan Bahasa Indonesia.

Berikut ini adalah 9 tips untuk bias lolos SNMPTN…
Monggo disimak… JJJ
1.   Tingkatkan kemampuan pada soal-soal kemampuan dasar, seperti matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Dengan sobat menguasai tiga materi tersebut, maka sobat sudah mempunyai peluang sekitar 60% untuk lolos dalam ujian SNMPTN.

2.    Apabila orang tua sobat memiliki biaya, jangan segan-segan untuk mengeluarkan biaya tersebut untuk mengikuti bimbingan belajar (BIMBEL). Dan carilah BIMBEL yang memiliki grade lumayan, karena di dalam materi pembelajaran BIMBEL tersebut biasanya diajarkan tentang rumuus cepat, dan sobat bisa konsultasi dengan tentor BIMBEL mengenai problematika dalam memilih program studi dan universitas.

3.      Perbanyaklah latihan soal-soal SNMPTN 5 tahun terakhir. Soal SNMPTN biasanya variasi dan model soal-soal nya sebagian memiliki kesamaan dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, biasanya ada juga soal-soal yang dikeluarkan kembali dari soal-soal SNMPTN tahun-tahun sebelumnya. Jadi, dengan sobat menguasai pembahasan soal-soal SNMPTN tersebut, maka sobat dapat menganalisa kesuliatan-kesulitan dan mencari penyelesaianya dengan sering latihan.  

4.  Perbanyaklah riyadoh (puasa sunnah, shalat dhuha, perbanyak dzikir, dll). Karena dengan kita memperbanyak hal-hal tersebut insyalaah apa yang kita harapkan dapat tercapai.

5.     Pilihlah universitas yang realistis dengan kemampuan sobat, dan janganlah memilih dari pilhan kedua dan ketiga yang bobotnya seimbang.  Jika IPA / IPS, usahakan pilihan satu berbobot tinggi dan pilihan 2 berbobot sedang/ rendah, tergantung dengan tingkat kemampuan sobat. Jika pilihan IPC, pilih pilihan satu tinggi, pilihan 2 sedang, dan pilihan ketiga rendah. Contoh, pilihan satu Teknik Elektro ITB, pilihan 2 Matematika Unair. Contoh lain, pilihan satu Akuntansi UNPAD, pilihan kedua Ilmu Antropologi Unair. Contoh IPC, pilihan satu Kedokteran Umum UGM, pilihan dua Psikologi UI, pilihan tiga Sasta Indonesia UI. Dengan begitu, maka peluan Anda untuk diterima di Universtas melalui jalur SNMPTN semakin besar.

6.   Satu hari sebelum sobat mengikuti tes SNMPTN, usahakan jangan belajar terlalu keras. Sobat bisa jalan-jalan mungkin, karena hal tersebut dapat merefresh pikiran sobat yang telah berlatih keras di hari-hari sebelumnya.

7.   Ketika tes berlangsung, pada saat sobat mengisi biodata diri, janganlah sampai salah satu pun, isilah data tersebut sesuai dengan yang sobat isikan ketika mendaftar SNMPTN, karena satu kesalahan saja dalam mengarsir biodata, maka sobat akan GAGAL, meskipun sobat bisa mengisi jawaban-jawaban soal.

8   Ketika menjawab soal, usahakan kalau benar-benar tidak bisa menjawab, jangan diisi jawabannya. Namun, kalau itu fifty-fifty (seperti banyak soal menjebak di Bahasa Indonesia), Sobat boleh tetap mengisi jawabannya. Kalaupun sobat mengawur, usahakan tak lebih dari tiga soal di tiap jenis materi ujian. Sistem penilaian SNMPTN memiliki bobot nilai jawaban +4 kalau benar, -1 kalau salah, dan 0 kalau tidak diisi. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengisi setiap jawaban soal.

9.     Setelah sobat lakukan 8 tips di atas, maka yang sobat lakukan adalah berdo’a agar dapat diterima dan dimudahkan dalam mengerjakan soal-soal SNMPTN. Pasrahkanlah semuanya pada yang di Atas karena DIA-lah dzat yang Maha mengatur segalanya.



+++++>TETAPLAH SEMANGAT DAN OPTIMIS PADA KEMAMPUAN DIRI SENDIRI<+++++

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.