Pages

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)




         Semua mahasiswa baru tentunya tidak tahu dan bertanya-tanya pada saat disebut yang namanya PKM atau  Program Kreativitas Mahasiswa. Berikut ini akan saya bagikan kepada teman-teman sedikit ulasan tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

            Pedoman Kreativitas Mahasiswa(PKM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat  Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis yang dapat mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana, yaitu PKM.

                PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keilmuan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan, serta berjiwa mandiri dan bijaksana. Mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, tanggung jawab, kerjasama dan mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang keatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

                Pada awalnya, dikenal 5 jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), dan PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), serta PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I).

                Sejak Januari 2009, DITLITABMAS mengelola 6 PKM. Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KMTM) yang semula menjadi tugas Direktorat Akademis dalam pengelolaannya, dilimpahkan kepada DITLITABMAS. Karena sifatnya  yang identik dengan PKM-I, KKTM selanjutnya dikelola bersama-sama PKM-I dalam PKM-Karya Tulis (PKM-KT). Dengan demikian, di dalam PKM-KT terkandung 2 program penulisan, yaitu PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). PKM-I atau selanjutnya disebut PKM-AI yang merupakan artikel hasil kegiatan, tidak lagi ditamilkan dalam PIMNAS, namun dimuarakan pada e-journal. Sedangkan PKm-GT yang berpeluang didiskusikan dalam forum terbuka, diposisikan sebagai pengganti PKM-AI di PIMNAS.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.