Pages

Resep Membuat Makanan Kimchi Khas Korea

Resep Membuat Makanan Kimchi Khas Korea - Demam korea ternyata sudah meluas ke Indonesia. Selain demam boy band dan girl band korea, di Indonesia juga sudah membumi makanan-makanan dari Korea. Salah satunya adalah makanan kimchi sawi putih ataupun timun dari Korea.

Makanan kimchi ini kalau di Indonesia hampir sama dengan acar atau asinan. Namun, rempah-rempah atau bumbu yang digunakan di Korea berbeda seperti yang kita gunakan biasanya untuk membuat acar. Melainkan sayurnya difregmentasi terlebih dahulu, kembudian diberi bumbu super pedas.

Untuk sayurnya, biasanya menggunakan sawi putih atau lobak. Namun, kalian juga bisa menggantinya dengan sayur lain seperti timun. Namun, kalian tidak usah khawatir untuk membuat makanan kimchi dari Resep Membuat Makanan Kimchi Khas Korea ala dapursaja.blogspot.com

Penasaran dengan bagaimana cara membuat makanan kimchi khas Korea? Langsung saja untuk kalian yang sudah ingin mencoba membuat makanan kimchi ala Korea sendiri di rumah dengan sederhana dan enak. Berikut adalah Resep Membuat Makanan Kimchi Khas Korea :

Resep Membuat Kimchi


Resep Membuat Makanan Kimchi Khas Korea

Resep Membuat Makanan Kimchi Khas Korea


Bahan Membuat Makanan Kimchi Sawi Putih Ala Korea :
  • Satu buah sawi putih besar
  • ½ batang lobak putih, iris memanjang dan tipis
  • 4 batang daun bawang iris iris
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 ruas jahe, haluskan
  • 6 sdm bubuk cabe Korea atau bubuk cabe biasa juga bisa
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • ½ gelas garam laut kasar (butirannya besar)
  • Air secukupnya
  • 2 sdm saus ikan Korea atau saus ikan biasa juga bisa

Cara Membuat Makanan Kimchi Sawi Putih Korea :

  1. Pertama, cucilah sawi putih sampai bersih. Bersihkan sampai ke lembaran paling dalam sawi, tanpa dipotong dan biarkan utuh.
  2. Tuangkan ½ gelas garam laut dengan air ke dalam wadah, lalu rendam sawi dalam larutan air tersebut hingga 6 jam.
  3. Setelah direndam, cuci lagi sawi hingga bersih sampai lipatan terdalamnya dan jika ingin, bisa dipotong menjadi dua bagian.
  4. Campurkan gula, bubuk cabai, jahe, bawang bawangan, daun bawang, lobak, saus ikan, dan sedikit garam. Balurkan kesemua bahan tersebut dengan merata pada sawi hingga ke sela sela terdalamnya sambil agak diremas agar sawi meresap bumbunya.
  5. Taruh di dalam wadah tertutup dan rapat atau kedap udara (lebih bagus jika menggunakan toples kaca) lalu diamkan selama dua hari, agar bumbu meresap pada sawinya.
  6. Setelah didiamkan dua hari, Kimchi sudah bisa disantap.

Seperti itulah cara membuat makanan kimchi sawi putih ala Korea di rumah sendiri dengan mudah dan sederhana. Jadi, tidak usah ke Korea langsung hanya untuk mencicipi nikmatnya makanan kimchi khas Korea. Semoga  Resep Membuat Makanan Kimchi Khas Korea ini bisa bermanfaat untuk kalian.

Jangan lupa juga kunjungi resep makanan lainnya, hanya di resep dapursaja. Resep dapursaja selalu menyajikan resep masakan Indonesia sehari-hari yang bisa kalian coba dengan mudah, dan yang pasti dengan rasa yang enak. Terimakasih sudah berkunjung ke Resep Membuat Makanan Kimchi Khas Korea.

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.