Pages

Cara Membuat Makanan dari Singkong Mudah

Cara Membuat Makanan dari Singkong – Indonesia merupakan negara yang kaya dengan hasil alam yang sangat melimpah. Berbeda dengan negara agraris lain, negara kita ini setiap tahunnya panen dengan hasil yang cukup memuaskan. Masing-masing daerah menyumbangkan hasil panen yang berbeda-beda. Mulai dari padi, jagung, kacang, mentimun, sampai dengan singkong.
Cara Membuat Makanan dari Singkong Mudah

Jaman dahulu singkong tergolong sebagai hasil tani yang cukup populer di kalangan masyarakat. Biasanya penduduk mengolah singkong menjadi berbagai macam kuliner lezat. Sebut saja seperti keripik singkong, singkong bakar, dan sejenisnya. Namun sayangnya seiring dengan masuknya makanan asing, keberadaan singkong terasingkan di kalangan masyarakat tanah air.

Meskipun demikian, bukan berarti singkong tidak bisa diolah menjadi makanan lezat. Anda pun bisa membuat makanan lezat dari singkong sekarang juga. Ada banyak sekali resep cara membuat makanan dari singkong yang bisa dicoba, termasuk salah satunya resep sentiling singkong yang kenyal dan nikmat.

Resep dan Cara Membuat Sentiling Singkong Kenyal

Untuk membuat sentiling singkong sangatlah mudah sekali, tanpa harus Anda pandai memasak terlebih dahulu pun bisa. Selain mudah, bahan-bahan yang diperlukan juga tidak terlalu sulit didapatkan. Adapun bahan-bahan yang harus dipersiapkan antara lain:

- Singkong yang sudah bersih sebanyak 1 kg (diparut halus) - Garam halus cukup dengan 1 sendok teh - Pasta vanili sekiranya 1/2 sendok teh - Gula pasir sebanyak 250 gr - Air secukupnya saja - Pewarna makanan secukupnya (merah, kuning, hijau sesuaikan selera)

Bahan lapisan luar:

- Kelapa parut yang tidak terlalu tua seperlunya saja - Garam secukupnya

Cara Membuat Sentiling dari Singkong dengan Mudah

1. Langkah pertama siapkan sebuah wadah terlebih dahulu untuk mencampurkan adonan bahan. Setelah itu campurkan singkong parut, garam, gula pasir, pasta vanili, dan air dalam wadah tersebut. Aduk-aduk semua bahan tadi sampai tercampur secara merata.
2. Selanjutnya bagi adonan yang telah dibuat tadi menjadi 3 bagian yang sama besarnya. Lalu masing-masing bagian berilah tetesan pewarna yang berbeda-beda, aduk-aduk sampai tercampur rata dan warna menyatu.
3. Bentuklah adonan yang sudah diberi warna tadi menjadi bentuk balok panjang kemudian kukuslah selama kurang lebih 35 menitan. Ingat! Selama proses pengukusan tidak boleh dibuka agar suhu tetap terjaga dengan baik.
4. Setelah matang, potong-potong sentiling tadi menjadi bentuk dadu. Kemudian gulingkan diatas campuran kelapa parut dan garam secara merata. Kini sentiling singkong siap disantap.

Sebenarnya ada banyak sekali cara membuat makanan dari singkong yang bisa Anda coba sendiri di rumah, seperti membuat donat singkong, bolu singkong, dan masih banyak lagi. Sekian informasi pada kesempatan kali ini, selamat mencoba dan semoga berhasil, salam.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.