Pages

Inilah Kriteria Makanan Sehat Untuk Tubuh

Kriteria Makanan Sehat – Makanan sangatlah berpengaruh terhadap kualitas kesehatan yang dimiliki oleh seseorang. Apabila setiap harinya kita mengonsumsi makanan yang kurang sehat, maka secara otomatis penyakit pun akan sangat mudah menyerang tubuh kita.

Untuk mengetahui makanan-makanan yang sehat untuk tubuh, Anda terlebih dahulu harus tahu ciri makanan sehat itu seperti apa aja. Nah agar Anda lebih faham, berikut ini kami sajikan informasi mengenai kriteria makanan sehat untuk tubuh.

Inilah Kriteria Makanan Sehat Untuk Tubuh

Kriteria dan Ciri Makanan yang Sehat

1. Halal dan thayyib

Bagi umat beragama Islam, dalam Al-Qur’an sebenarnya sudah dijelaskan apa saja kriteria makanan yang sehat itu. Dimana dalam sebuah ayat menjelaskan makanan yang sehat adalah makanan yang halal dan thayyib. Halal maksutnya tidak menjijikan, tidak betaring, tidak buas, dan lain. Sedangkan thayyib sendiri memiliki artian diolah dengan cara yang benar. Misalnya daging kambing sebenarnya termasuk kedalam jenis makanan halal, namun karena tidak dimasak dan langsung dimakan maka menjadi tidak thayyib.

2. Sedikit garam

Makanan yang mengandung banyak garam sangatlah buruk bagi kondisi sistem peredaran darah kita, terutama apabila Anda menderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Dengan konsumsi garam secara berlebihan, maka akan sangat berpotensi meningkatkan produksi natrium dalam tubuh. Tidak hanya dapat meningkatkan darah tinggi saja, namun konsumsi garam berlebihan juga bisa menyebabkan penyakit jantung, arteroklerosis, ginjal, gagal ginjal, kanker, dan masih banyak lagi.

3. Sedikit minyak

Kriteria menu makan sehat selanjutnya adalah sedikit minyak. Makanan yang diolah dengan menggunakan banyak minyak sangatlah buruk bagi kondisi kesehatan Anda. Mengingat makanan semacam ini dapat menyebabkan tingkat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Ada baiknya, olahlah makanan dengan menggunakan minyak secukupnya. Selain itu perhatikan pula kualitas minyak tersebut. Hindari menggunakan minyak berharga murah, minyak yang sudah digunakan beberapa kali, dan sejenisnya.

4. Kandungan serat yang cukup

Makanan dikatakan menyehatkan manakala mengandung serat atau fiber yang cukup. Serat sangat berguna sekali untuk merawat sistem pencernaan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bahkan dengan konsumsi secara rutin, serat bisa membantu melancarkan proses metabolisme secara optimal. Anda bisa mendapatkan asupan serat yang tinggi dari buah dan sayuran. Misalnya seperti buah alpukat, sayur brokoli, bayam, buah pepaya, berry, dan masih banyak lagi.

Info Menarik : Makanan Penyubur Kandungan untuk Wanita

5. Tingkat kematangan yang cukup

Kriteria terakhir adalah memiliki kematangan yang cukup. Makanan yang dimasak setengah matang atau kurang matang relatif mengandung bakteri yang cukup berbahaya untuk kesehatan. Bakteri yang tidak mati tersebut nantinya akan berubah menjadi penyakit dalam tubuh. Oleh sebab itu, mulai searang masaklah makanan sampai benar-benar matang secara sempurna.

Bagaimana, sudah tahukan? Itulah beberapa kriteria makanan sehat untuk tubuh yang bisa kami sampaikan. Semoga dapat menambah wawasan informasi bagi Anda, salam.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.