Pages

Menu Makanan Anak 1 Tahun

Menu Makanan Anak 1 Tahun – Memasuki umur 1 tahun, anak harus mendapatkan asupan gizi yang cukup agar dia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Selain mendukung tumbuh kembang anak, makanan yang sehat juga bisa mencegah tubuhnya dari serangan penyakit berbahaya.

Memang bukan hal yang mudah bagi seorang ibu dalam memberikan makanan kepada si kecil, apalagi jika kita baru pertama kalinya punya momongan. Berikut ini ada tips pemilihan menu makanan anak 1 tahun yang bisa Anda coba berikan.

Menu Makanan Anak 1 Tahun

Daftar Menu Makan Anak Usia 1 Tahun

1. Pagi hari

Pagi hari merupakan saat dimana pencernaan si kecil menyerap semua nutrisi dari makanan-makanan yang masuk kedalam tubuhnya. Oleh sebab itu saat sarapan berikan asupan gizi yang cukup. Cukup dalam artian mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin.

Resep tim tahu cincang untuk sarapan si kecil:

- Tahu cincang sebanyak 50 gram
- Tepung beras sebanyak 50 gram
- Wortel yang telah diparut halus 50 gram
- Garam secukupnya saja
- Air sebanyak 500cc
 - Daun bayam sebanyak 20 gram
- Tomat yang telah diiris tipis sekiranya 50 gram

Cara membuat menu sarapan untuk anak 1 tahun:

- Pertama masukan wortel, tahu, dan tepung beras kedalam wadah tahan panas. Lalu aduk-aduk semua bahan sampai tercampur rata.
- Tim bahan-bahan tadi hingga menjadi mirip bubur. Kemudian masukan bahan lain kecuali tomat.
- Untuk tomatnya, rendam dalam air dan hancurkan bersama gula. Kemudian peras diatas tim yang telah dibuat tadi. Selesai.

Catatan: berikan kepada si kecil secukupnya saja. Jangan terlalu kenyang, karena bisa menyebabkan si kecil kesulitan bernafas dan bahkan kembung.

2. Menu siang hari

Memasuki waktu siang hari, biasanya si kecil memiliki nafsu makan yang lebih tinggi dari pada pagi hari. Oleh karena itu, berikan dia makanan-makanan yang lebih lezat dan mudah dicerna tubuh. Beberapa ahli merekomendasikan makanan yang mengandung banyak nutrisi omega 3 dan antioksian.

Kandungan omega 3 bisa Anda dapatkan dari olahan ikan, telur, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Olah makanan-makanan tersebut menjadi sehalus mungkin (mirip tim). Kemudian tambahkan bahan-bahan lain agar rasanya lezat dan disukai si kecil.

3. Menu makan sore – malam hari

Di waktu sore sampai malam, usahakan jangan memberikan makanan berlebihan kepada si kecil. Mengingat biasanya bayi berusia 1 tahun cenderung akan cepat tertidur, terutama memasuki jam 18.00-19.00. Sehingga makanan tidak bisa diolah secara maksimal dan akan berubah menjadi timbunan lemak.

Ada baiknya ketika sore atau malam hari, Anda memberikan si kecil makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Tujuan memberikan makanan yang mengandung serat adalah memperlancar sistem pencernaan ketika tidur sampai pagi harinya.

Demikian informasi singkat mengenai menu makanan anak 1 tahun, semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.