Pages

6 Makanan Sehat Buat Jantung Anda

Makanan Sehat Buat Jantung – Jantung merupakan organ terpenting yang ada dalam diri manusia. Tanpa adanya jantung, manusia tidak akan bisa hidup di dunia. Telah ada banyak sekali kasus kematian akibat serangan jantung. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda cegah penyakit tersebut sejak sedini mungkin.

Untuk mencegah penyakit tersebut, Anda bisa memilih makanan sehat buat jantung. Beberapa makanan berikut ini sudah diteliti oleh para ahli mengenai manfaatnya bagi kesehatan jantung. Apa sajakah itu? simak informasi selengkapnya berikut ini.

6 Makanan Sehat Buat Jantung Anda

Jenis Makanan Sehat Untuk Jantung

1. Yoghurt

Yoghurt terkenal mengandung bakteri baik atau sering disebut probiotik. Kandungan bakteri baiknya ini memiliki banyak manfaat, mulai dari membunuh bakteri jahat sampai dengan mencegah infeksi gusi. Menurut penelitian di Jepang, infeksi gusi bisa menjadi salah satu penyebab munculnya serangan jantung. Oleh sebab itu, cegah sekarang juga dengan mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap harinya.

2. Kismis

Kismis merupakan makanan yang mengandung antioksidan cukup tinggi. Kandungan antioksidan sangatlah berperan penting dalam sistem imun. Karena kandungan tersebut bisa membantu mencegah radikal bebas penyebab penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

3. Biji-bijian

Dalam bijian-bijian terkandung nutrisi fitoestrogen dan pitosterol yang sangat protektif terhadap penyakit jantung koroner. Menurut penelitian di Universitas Harvard, biji-bijian dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sebesar 40 % lebih.

4. Kacang hijau

Makanan sehat bagi jantung selanjutnya adalah kacang hijau. Jenis kacang satu ini diperkaya dengan kandungan serat larut yang cukup tinggi. Kandungan serat tersebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi yang merupakan cikal bakal penyebab penyakit jantung. Menurut Journal of Nutrition, agar kolesterol turun dan penyakit jantung bisa dicegah, Anda disarankan untuk mengonsumsi kacang hijau setidaknya 1/2 cangkir setiap hari. Lebih banyak, akan semakin baik.

5. Ikan salmon

Mengonsumsi ikan setidaknya 2 -3 porsi setiap minggu, sangatlah baik untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner jangka panjang. Studi penelitian menunjukan, ikan salmon dan tuna mengandung omega 3 yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya aritmia (irama jantung tak teratur).

Info Menarik : Menu Makanan Anak 1 Tahun

6. Coklat hitam

Jenis coklat hitam banyak sekali dikonsumsi oleh masyarakat di daerah Kuna, tepatnya di Kepulauan San Blas lepas pantai Panama. Terbukti mereka yang rutin mengonsumsi coklat hitam memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih rendah. Setelah dilakukan penelitian oleh para ahli, ternyata coklat hitam mengandung flavanol yang memiliki efek pengencer darah kental. Ini sangatlah bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah menuju ke jantung ataupun sebaliknya.

Itulah makanan sehat buat jantung Anda. Agar penyakit jantung bisa dicegah secara optimal, konsumsilah makanan-makanan diatas secara rutin. Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.