Pages

Fungsi Makanan Bagi Tubuh Manusia Secara Umum

Fungsi Makanan Bagi Tubuh – Salah satu ciri mahluk hidup adalah membutuhkan asupan makanan, tak terkecuali manusia. Pada dasarnya tubuh manusia tersusun atas berjuta-juta sel. Sel-sel inilah yang memerlukan asupan makanan agar bisa bekerja dan melakukan tugasnya secara optimal.

Fungsi Makanan Bagi Tubuh Manusia Secara Umum

Ada banyak sekali manfaat makanan untuk tubuh manusia. Namun, ada pula makanan yang justru sangat berbahaya apabila dikonsumsi oleh manusia. Berikut ini kami sajikan fungsi makanan bagi tubuh manusia secara umum.

Kegunaan Makanan Bagi Tubuh Manusia

1. Sebagai sumber energi

Tanpa makanan, manusia tidak akan bisa mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti halnya motor yang diisi dengan bensin, energi tersebut lama kelamaan akan habis seiring dengan digunakannya untuk beraktivitas. Kebutuhan energi setiap manusia berbeda-beda. Biasanya seseorang yang bekerja dengan menggunakan otot, mereka memerlukan energi lebih banyak. Makanan yang dapat mendongkrak energi adalah makanan yang mengandung kalori, karbohidrat, lemak, dan protein tinggi.

2. Sebagai bahan penyusun sel-sel tubuh

Setiap detik, jam, dan hari sel-sel tubuh manusia selalu mengalami perombakan. Apabila perombakan ini tidak berjalan dengan normal, maka tubuh akan mengalami gangguan. Seperti munculnya penuaan, tubuh menjadi kurus, dan bahkan beberapa fungsi organ tubuh bisa mati. Namun dengan konsumsi makanan, sel-sel dalam tubuh akan beregenerasi dengan baik dan lancar. Sehingga hal tersebut sangat berpotensi membuat tubuh menjadi lebih sehat tanpa penyakit. Bahkan melalui pemilihan makanan yang tepat, manusia bisa terlihat awet muda.

3. Membangun sistem kekebalan tubuh

Sistem imun sangatlah penting bagi tubuh kita, karena tanpa itu kita akan mudah terserang penyakit. Fungsi makanan bagi tubuh selanjutnya adalah membangun sistem imun. Seperti misalnya makanan yang mengandung lemak dapat mencegah hawa dingin, makanan dengan kandungan antioksidan dapat cegah radikal bebas, makanan bervitamin A dapat mencegah degenerasi makula, dan lain sebagainya. Akan tetapi tidak semua makanan jenis makanan dapat bersifat membangun sistem kekebalan tubuh. Beberapa makanan yang kurang menyehatkan, seperti makanan instan dapat mengakibatkan sistem kekebalan menurun. Tak jarang makanan tersebut bisa menimbulkan munculnya penyakit.

4. Mengoptimalkan pertumbuhan

Manusia dari waktu ke waktu selalu mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Melalui makanan, pertumbuhan akan terjadi secara optimal. Misalnya saja makanan kaya kalsium yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang. Kemudian makanan yang mengandung asam folat dan omega-3 yang bisa meningkatkan perkembangan otak dan sistem saraf.

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan fungsi makanan bagi tubuh itu apa? Agar semua manfaat diatas bisa Anda dapatkan, konsumsilah makanan-makanan yang sehat, terutama makanan yang masuk kedalam 4 sehat 5 sempurna. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.