Pages

Daftar Menu Makanan Sehat Setiap Hari

Daftar Menu Makanan Sehat Setiap Hari – Memilih makanan sehat merupakan sebuah keharusan bagi semua mahluk hidup, tak terkecuali manusia. Karena tanpa makanan yang sehat, kita bisa sangatlah mudah sekali terserang yang namanya penyakit.

Makanan dikatakan sehat dan sempurna apabila telah memenuhi kandungan karbohidrat, protein, dan juga vitamin. Bagi yang sudah pandai menjalani diet sehat, mungkin bukan masalah dalam memilih makanan tersebut. Namun bagi Anda yang belum faham, simak daftar menu makanan sehat setiap hari berikut ini.

Daftar Menu Makanan Sehat Setiap Hari

Menu Makan Sehat Setiap Hari yang Wajib Dikonsumsi

1. Makanan yang mengandung karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu kandungan dalam makanan yang dapat menambah energi dan meningkatkan semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tanpa asupan karbohidrat yang cukup, tubuh akan terasa lemas.

Ada banyak sekali makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Mulai dari nasi, sereal, oatmeals, pasta, roti, jagung, kentang, umbi-umbian, dan masih banyak lagi. Pastikan setiap hari Anda mengonsumsi makanan berkarbohidrat.

2. Makanan yang mengandung protein

Makanan selanjutnya harus mengandung protein. Kandungan satu ini bersifat membangun sel-sel tubuh yang rusak dan mempercepat regenerasinya. Tak jarang, makanan yang mengandung protein banyak dimanfaatkan oleh binaragawan untuk membentuk masa otot anggota tubuh mereka.

Ada dua jenis protein yang bisa Anda konsumsi, yakni protein hewani dan protein nabati. Sumber protein hewani antara lain daging sapi, kambing, telur, dan lainnya. Sedangkan protein nabati bisa berasal dari kacang-kacangan, tahu, tempe, dan sebagainya. Agar imbang, kombinasikan antara nabati dan hewani.

3. Makanan yang mengandung vitamin

Vitamin sangatlah penting untuk meningkatkan kinerja organ-organ tubuh kita. Tanpa adanya vitamin, pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita tidak akan terjadi secara optimal. Bahkan bisa terancam defisiensi nutrisi.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin lengkap dari buah dan sayur. Dalam buah dan sayur terkadung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, B, C, D, E, K, dan lain sebagainya. Adapun jenis buah dan sayur tersebut antara lain wortel, buah jeruk, jambu, brokoli, seledri, bayam, dan lain-lain.

4. Makanan pelengkap

Agar semua nutrisi diatas bisa terserap oleh tubuh, maka Anda wajib mengonsumsi makanan-makanan pelengkap. Dalam daftar menu makan 4 sehat 5 sempurna, makanan pelengkap yang baik adalah berasal dari susu dan produk olahannya.

Info Menarik : Daftar Makanan Rendah Kalori yang Baik Untuk  Diet

Menurut para ahli gizi, konsumsi 1 gelas susu sehari sudah lebih dari cukup agar tubuh sehat. Namun apabila tidak ada susu cair, Anda bisa mengonsumsi produk olahan susu seperti yoghurt, keju, es cream, dan lain sebagainya.

Itulah daftar menu makanan sehat setiap hari yang bisa Anda konsumsi. Supaya efeknya terasa maksimal, konsumsilah makanan-makanan diatas ketika sarapan pagi. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.