Pages

Panduan Lengkap Menu Makanan Ibu Hamil Muda

Menu Makanan Ibu Hamil Muda – Seringkali para ibu hamil muda menebak-nebak makanan yang boleh dikonsumsi ataupun pantangannya. Hal tersebut tentu saja dilakukan agar kondisi kandungan semakin baik dan berjalan dengan normal.

Menentukan menu makanan ibu hamil muda sangatlah penting untuk dilakukan. Sebab kondisi kehamilan trimester pertama ini sangatlah rentan sekali terkena keguguran. Berikut ada daftar menu makan sehat ibu hamil muda yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Panduan Lengkap Menu Makanan Ibu Hamil Muda

Daftar Menu Makan Sehat Ibu Hamil Muda

1. Sereal

Terkadang ketika pagi hari ibu hamil muda sering mengalami rasa mual-mual, kehilangan nafsu makan, dan bahkan pusing. Untuk mengatasi nafsu makan yang menurun Anda bisa mengonsumsi sereal. Dengan berbagai macam varian rasa yang lezat, dijamin rasa mual Anda akan hilang.

Selain lezat dikonsumsi sebagai sarapan, sereal juga tergolong menyehatkan bagi ibu hamil muda. Karena sereal mengandung vitamin B, aneka mineral, karbohidrat, kalsium, serat, dan masih banyak lagi.

2. Produk susu

Produk susu sangat direkomendasikan agar selalu dikonsumsi oleh para ibu hamil. Susu mengandung banyak sekali nutrisi yang cukup baik bagi perkembangan janin dalam kandungan. Kandungan nutrisi tersebut antara lain seperti kalsium, mineral, folat, vitamin D, dan masih banyak lagi.

Makanan yang berasal dari produk susu sangatlah banyak sekali, mulai dari keju, yoghurt, es cream, dan masih banyak lagi. Namun ingat, janganlah konsumsi secara berlebihan karena bisa meningkatkan berat badan Anda.

3. Buah dan sayur

Konsumsi buah yang mengandung vitamin C tinggi sangatlah penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu dan janin dalam kandungan. Ada banyak sekali jenis buah yang mengandung vitamin C, salah satu yang paling tinggi kandungannya adalah buah jambu.

Selain vitamin C, Anda juga harus mencukupi asupan zat besi dalam tubuh. Kandungan zat besi dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil dan janin. Mengingat zat besi berperan untuk menambah jumlah hemoglobin dalam tubuh. Salah satu jenis sayur dengan kandungan tinggi zat besi adalah brokoli.

4. Ikan

Menu makanan ibu hamil muda selanjutnya adalah ikan. Makanan satu ini mengandung omega 3 dan protein yang cukup tinggi. Kandungan tersebut sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak janin dan memelihara sistem kekebalan tubuh. Namun usahakan jangan mengonsumsi ikan yang kurang matang. Karena ikan yang setengah matang mengandung senyawa merkuri tinggi, dimana kandungan tersebut bisa mengakibatkan gangguan tumbuh kembang janin.

5. Kacang-kacangan

Jangan lupa tambahkan pula menu makan dari kacang-kacangan. Makanan dari kacang-kacangan mengandung asam folat dan vitamin B yang bisa mengoptimalkan perkembangan saraf janin dan menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Demikian informasi singkat seputar menu makanan ibu hamil muda, semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.