Pages

5 Jenis Makanan Sehat Untuk Ginjal Anda

Makanan Sehat Untuk Ginjal – Seperti yang telah kita ketahui bersama, ginjal merupakan salah satu organ penting dalam sistem ekskresi manusia. Tanpa adanya ginjal, tubuh akan mengalami keracunan dan akhirnya meninggal. Oleh sebab itu, rawatlah ginjal Anda agar bisa berfungsi secara optimal.

Salah satu penyebab penyakit gagal ginjal adalah makanan, terutama makanan yang mengandung natrium tinggi. Namun tidak semua demikian, karena ada juga beberapa makanan yang terbukti mampu menjaga kesehatan ginjal. Apa sajakah itu? berikut beberapa makanan sehat untuk ginjal.

5 Jenis Makanan Sehat Untuk Ginjal Anda

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih biasanya banyak dimanfaatkan untuk membuat masakan menjadi lebih lezat. Namun siapa sangka, ternyata bawang mengandung senyawa diuretik yang dapat melarutkan kotoran pada bagian organ ginjal. Dengan terlarutnya kotoran-kotoran tersebut, maka resiko Anda terkena penyakit batu ginjal juga akan sangat kecil. Selain bisa membantu menjaga ginjal tetap sehat, kandungan antioksidannya juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun mulai dikenal dalam dunia pengobatan semenjak masyarakat Timur Tengah dan Mediterania menggunakan minyak tersebut. Terbukti dalam jangka waktu 3 tahun saja, penderita jantung bisa menurun setelah konsumsi minyak tersebut. Selain mampu menurunkan resiko penyakit jantung, minyak zaitun sebenarnya juga cukup efektif untuk membersihkan organ ginjal dan membuang racun dalam tubuh (detoksifikasi). Sehingga Anda bisa mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan manfaat tersebut.

3. Buah apel

Buah apel merupakan sumber serat yang cukup tinggi, bahkan menurut para ahli kandungan serat dalam buah apel lebih tinggi dari pada pepaya. Manfaat serat sangatlah banyak sekali, mulai dari melancarkan BAB hingga membantu mengikat racun dalam tubuh. Dengan terikatnya racun dalam tubuh, maka kerja ginjal Anda akan semakin ringan. Oleh sebab itu, jangan ragu lagi konsumsi buah apel secara rutin. Supaya tidak bosan, Anda pun bisa mengolahnya menjadi jus apel yang segar.

4. Buah barries

Buah-buahan berry seperti blackberry, blueberry, rasberry, strawberry, dan sejenisnya dipercaya mengandung mineral yang dapat melarutkan kristal natrium atau garam pada bagian ginjal. Ini berarti buah berry sangatlah ampuh untuk mencegah penyakit batu ginjal. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa mengonsumsi beberapa buah berry sekaligus dalam waktu satu hari.

Info Menarik : Daftar Menu Makanan Sehat Setiap Hari

5. Lemon dan jeruk nipis

Baik lemon ataupun jeruk nipis, keduanya dikenal sebagai buah yang cukup ampuh untuk melarutkan lemak dan kotoran. Biasanya kedua bauh ini dimanfaatkan untuk membersihkan piring dan gelas yang kotor. Namun siapa sangka, sifat pembersihnya tersebut juga bisa melarutkan kotoran yang mengendap di bagian ginjal. Konsumsilah jus lemon atau jeruk nipis secara rutin agar ginjal Anda selalu dalam keadaan sehat.

Itulah beberapa makanan sehat untuk ginjal yang bisa Anda konsumsi. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.