Pages

Daftar Menu Makanan Bayi 1 Tahun Keatas yang Sehat

Menu Makanan Bayi 1 Tahun Keatas – Setelah si kecil berusia 1 tahun keatas, dia sangatlah memerlukan asupan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi demi mendukung tumbuh kembangnya. Sebenarnya ada banyak sekali makanan sehat yang mengandung nutrisi cukup. Namun sayangnya banyak pula para ibu yang tidak mengetahui menu-menu makanan tersebut.

Menu Makanan Bayi 1 Tahun Keatas yang Sehat

Kebetulan pada kesempatan yang baik kali ini saya akan mencoba sharing beberapa menu makanan bayi 1 tahun keatas yang tentunya sangat menyehatkan dan kaya akan nutrisi. Penasaran? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Menu Makan Bayi Usia 1 Tahun Keatas

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang diperkaya dengan kandungan potasium dan serat cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut bisa membantu memelihara sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Anda bisa memberikan buah pisang kapan saja. Baik itu pagi, siang hari, ataupun malam. Agar tidak membosankan, Anda bisa membuat olahan yang lebih menarik dari buah tersebut.

2. Susu

Meskipun setelah berusia 1 tahun keatas bayi cenderung tidak suka susu ataupun ASI, namun bukan berarti Anda tidak memberikannya sama sekali. Karena konsumsi susu sangatlah penting untuk mendukung pertumbuhan tulang, gigi, dan perkembangan saraf otak. Supaya si kecil tertarik mengonsumsi susu, Anda bisa memasak susu lebih menarik. Seperti membuatnya menjadi es cream lezat, puding, keju, yoghurt, dan lain sebagainya.

3. Ikan atau seafood

Makanan yang berlabelkan ‘seafood’ pada dasarnya mengandung omega 3 dan mineral alami cukup tinggi. Manfaat omega 3 sangatlah banyak sekali, termasuk salah satunya bisa membantu meningkatkan kecerdasan si kecil. Pastikan Anda memberikan menu seafood kepada si kecil secara rutin minimal 1 porsi dalam seminggu.

4. Sayuran hijau

Menu makanan bayi 1 tahun keatas berikutnya adalah sayuran. Saat berusia lebih dari 1 tahun, anak biasanya cenderung lebih beresiko terkena anemia (kekurangan hemoglobin). Gejala yang muncul antara lain lemas, panas, pusing, dan pucat. Agar si kecil tidak terserang anemia, Anda bisa memberikan menu makan yang berasal dari sayuran hijau. Sayuran pada dasarnya mengandung zat besi tinggi yang dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh si kecil.

Info Menarik : Jenis Makanan Sehat Agar Cepat Hamil

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang cukup tinggi. Manfaat protein bagi balita antara lain membentuk otot, meregenasi sel baru, menyuburkan rambut, dan masih banyak lagi. Susu kacang hijau sangat direkomendasikan apabila Anda ingin memberikan si kecil asupan protein.

Itulah daftar menu makanan bayi 1 tahun keatas yang bisa Anda berikan. Meskipun baik, bukan berarti konsumsi dalam porsi besar menyehatkan. Oleh sebab itu berikan si kecil dalam porsi yang cukup saja. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.