Pages

Pengertian Makanan Sehat Untuk Tubuh Kita

Pengertian Makanan Sehat – Banyak sekali masyarakat modern sekarang ini yang belum faham dalam menjalani pola hidup yang sehat. Merokok, mabuk, jarang berolahraga, dan konsumsi makanan cepat saji termasuk kebiasaan buruk yang sering dilakukan.

Pengertian Makanan Sehat Untuk Tubuh Kita

Dalam memulai pola hidup yang sehat, kita harus bisa memilih makanan-makanan sehat. Karena makanan sehat akan membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Apa itu sebenarnya makanan sehat? Berikut informasi selengkapnya.

Pengertian Makanan yang Sehat Bagi Tubuh

Pengertian makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang dan diperlukan oleh tubuh dalam melakukan pertumbuhan dan perkembangan. Makanan dikatakan semakin menyehatkan apabila kandungan gizinya semakin lengkap. Menurut para ahli makanan sehat harus mengandung gizi minimal karbohidrat, mineral, protein, vitamin, dan lemak tak jenuh.

Semua kandungan nutrisi makanan sehat diatas biasanya disebut dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Misalnya nutrisi karbohidrat banyak terkandung dalam makanan berat/pokok seperti nasi, jagung, kentang, dan berbagai macam jenis umbi-umbian. Sedangkan makanan yang mengandung protein bisa berasal dari telur, daging sapi, kambing, dan lainnya.

Dengan memahami lebih dalam mengenai pengertian makanan sehat, maka kita bisa tahu betapa petingnya konsumsi makanan tersebut. Ada banyak sekali manfaat penting konsumsi makanan sehat, antara lain:

- Menjaga sistem kekebalan tubuh (imun dari penyakit)
- Memelihara sistem pencernaan dari berbagai bakteri
- Mengoptimalkan pertumbuhan tulang, gigi, dan otot
- Meningkatkan kecerdasan otak
- Membuang racun dalam tubuh atau detoksifikasi
- Meningkatkan energi saat beraktivitas
- Melancarkan metabolisme tubuh
- Melancarkan sistem peredaran darah
- Memelihara fungsi dan kinerja organ dalam tubuh
- Menjaga tubuh tetap dalam kondisi fit dan lain sebagainya.

Semua kalangan yang ingin hidupnya lebih berkualitas, mereka harus bisa mencukupi asupan nutrisi setiap harinya. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, lansia, sampai dengan ibu hamil dan menyusui pun membutuhkannya.

Akan tetapi tidak semua makanan menyehatkan itu baik untuk dikonsumsi. Sebut saja seperti nanas yang diperkaya akan vitamin C tetapi tidak disarankan untuk ibu hamil. Karena nanas dipercaya dapat membuat ibu hamil mengalami keguguran. Oleh sebab itu, pemilihan menu makanan sehat juga harus selalu diperhatikan agar tidak salah.

Makanan sehat pada dasarnya hanyalah salah satu pendukung agar seseorang mendapatkan kualitas kesehatan yang sebenarnya. Jadi, supaya Anda memperoleh kesehatan yang sejati, dukungan lain juga sangat diperlukan. Seperti misalnya olahraga secara teratur, menghindari kebiasaan buruk, program diet sehat, dan masih banyak lagi.

Itulah sajian informasi mengenai pengertian makanan sehat untuk tubuh. Apabila ada yang belum jelas mengenai informasi diatas, Anda bisa menyampaikannya melalui kolom komentar yang telah tersedia. Sekian pertemuan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.