Pages

4 Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama – Sebuah kabar bahagia tentunya apabila mendengar kabar bahwa ibu sekarang sudah hamil, apalagi bagi mereka yang masih baru dalam membina rumah tangga. Agar kehamilan berjalan dengan lancar, Anda harus bisa menjaga kondisi tubuh hingga melewati 3 trimester.

Trimester pertama tergolong sangatlah beresiko bagi para ibu hamil, karena jika janin tidak mendapatakan asupan nutrisi yang cukup, bisa jadi ibu hamil akan mengalami keguguran. Sebelum hal tersebut terjadi, konsumsilah beberapa makanan sehat ibu hamil trimester pertama berikut ini.

4 Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan Wajib Ibu Hamil Pada Trimester Pertama

1. Perbanyak konsumsi sayuran hijau

Wajib hukumnya bagi seorang ibu hamil untuk mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau bisa membantu mengurangi morning sickness seperti gejala mual dan pusing. Selain itu, kandungan zat besi dan mineral alaminya juga terbukti dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh ibu dan janin. Sehingga sayuran hijau cukup efektif untuk mencegah anemia pada ibu dan janin dalam kandungan. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil trimester pertama konsumsilah sayur hijau secara rutin.

2. Buah-buahan segar

Buah-buahan merupakan makanan wajib bagi ibu hamil saat memasuki trimester awal. Buah akan membantu menjaga stamina ibu hamil dan mencegahnya mengalami kelelahan. Anda bisa mengonsumsi buah apel dan pisang. Buah apel terkenal memiliki kandungan antioksidan yang bisa melancarkan sirkulasi darah, mencegah efek buruk radikal bebas, dan meningkatkan kekebalan janin. Sedangkan buah pisang, mengandung asam folat tinggi yang sejatinya dapat meningkatkan perkembangan otak janin.

Agar tidak bosan ketika harus mengonsumsi buah sehari-hari, ada baiknya Anda mengolahnya menjadi jus ataupun salad. Selain apel dan pisang, Anda juga bisa mencoba buah pepaya yang kaya akan serat.

3. Konsumsi seafood

Saat memasuki trimester pertama, janin dalam kandungan memerlukan asupan nutrisi dalam bentuk omega 3 dan protein yang cukup tinggi. Kandungan protein bisa membantu pertumbuhan otot dan rambut. Sedangkan kandungan omega 3 dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak janin.

Anda bisa mendapatkan kandungan protein dan omega 3 dari makanan seafood. Misalnya seperti udang, lobster, kerang, tuna, kepiting, dan masih banyak lagi. Apabila tidak ada, konsumsilah yoghurt dan keju untuk mencukupi kebutuhan protein ataupun omega 3 tersebut.

Info Menarik : Menu Makanan Bayi 6 Bulan

4. Sereal atau aotmeals

Sereal tidak hanya terkenal dapat mencegah penyakit jantung saja, namun menu makanan satu ini juga memiliki kandungan serat tinggi yang bisa membuang racun dalam tubuh ibu hamil, melancarkan BAB, dan mengatasi berbagai macam masalah pencernaan. Jadikan sereal sebagai makanan tambahan saja, jangan sebagai makanan pokok.

Itulah beberapa makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang bisa Anda konsumsi. Semoga bermanfaat dan selamat menjalani kehamilan Anda.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.