Pages

Jenis Makanan Berserat yang Baik untuk Kesehatan

Jenis Makanan Berserat – Menjalani kehidupan yang sehat memang tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Kita harus pandai dalam memilih makanan-makanan yang menyehatkan tubuh, karena jika tidak maka penyakit akan sangat mudah sekali menyerang.

Jenis Makanan Berserat yang Baik untuk Kesehatan

Salah satu ciri makanan sehat adalah mengandung serat yang tinggi. Serat tidak hanya membantu melancarkan BAB saja, tetapi juga bisa mengeluarkan racun (detoksifikasi) dari dalam tubuh. Berikut ini jenis makanan berserat yang bisa Anda konsumsi setiap harinya.

Jenis-Jenis Makanan Berserat Tinggi yang Baik bagi Kesehatan

1. Buah kiwi

Buah kiwi memiliki rasa yang cukup manis dan khas. Ternyata selain lezat dikonsumsi, buah kiwi juga mengandung serat lumayan tinggi. Menurut para ahli gizi, buah kiwi mengandung serat sekitar 3,1 gram untuk setiap 100 gram buah kiwi. Bahkan kabarnya, buah kiwi juga bisa digunakan sebagai masker wajah.

2. Kacang merah

Terkenal dengan kandungan protein asam amino yang cukup tinggi, kacang merah sering dimanfaatkan oleh para binaragawan untuk membentuk masa otot. Setelah dilakukan penelitian, ternyata kacang merah juga kaya dengan kandungan seratnya. Kandungan serat yang terdapat dalam kacang merah tidak hanya membantu mengatasi sembelit saja, akan tetapi juga dapat membantu mencegah peradangan usus, infeksi usus, dan membersihkan sistem pencernaan tubuh kita.

3. Buah alpukat

Dikalangan para pelaku diet, tentu jenis makanan berserat yang satu ini tidak asing lagi. Yup, dia adalah alpukat. Buah satu ini memiliki kandungan serat yang cukup baik untuk mendukung program diet dan menurunkan berat badan. Serat dalam buah alpukat bekerja dengan mengikat lemak-lemak yang ada dalam tubuh. Kemudian setelah itu, lemak tersebut dibuang melalui sistem ekskresi manusia, tepatnya melalui BAB.

4. Jagung

Jagung terkenal sebagai makanan pengganti karbohidrat dari nasi. Kandungan karbohiratnya yang cukup tinggi, dapat meningkatkan semangat dan energi tubuh. Meskipun karbohidrat tinggi, ternyata kandungan kalori jagung sangat rendah. Selain itu, jagung juga terbilang mengandung serat cukup tinggi. Serat dalam jagung bermanfaat untuk melancarkan BAB, mengatasi diare, dan melarutkan racun yang ada dalam tubuh (detok).

5. Oatmeals

Oatmeals biasanya dipilih sebagai menu sarapan pagi yang cukup baik dan menyehatkan. Makanan satu ini mengandung beta glucan yang merupakan tipe khusus dari serat. Menurut para ahli, kandungan tersebut dapat menurunkan berat badan dan kolesterol tinggi.

6. Buah pepaya

Berbicara mengenai makanan berserat, tidak lengkap rasanya apabila tidak menyebutkan buah pepaya. Pasalnya, buah satu ini sudah sejak jaman dahulu dikenal mengandung serat yang dapat melancarkan BAB (sembelit).

Itulah beberapa jenis makanan berserat yang baik untuk kesehatan dan diet. Agar mendapatkan asupan serat yang maksimal, konsumsilah makanan-makanan diatas secara rutin setiap harinya. selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.